TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Adzfar Ammar, M.A. ID - digilib55361 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55361/ A1 - Irwanti Thohir, NIM.: 07420060 Y1 - 2011/12/05/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kamus dipergunakan di kalangan mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam pembelajaran bahasa Arab, bagaimana tingkat penguasaan mereka terhadap kamus bahasa Arab tersebut serta implikasinya terhadap mereka dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah beberapa dosen mata kuliah yang terkait dengan kemahiran berbahasa dan mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab semester IV dan VI tahun 2011. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Proses analisis data dengan analisa kualitatif, menggunakan metode induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kamus bahasa Arab bagi mahasiswa di jurusan Pendidikan Bahasa Arab lebih ditekankan dalam mata kuliah yang terkait dengan kemahiran berbahasa, yaitu dalam mata kuliah qira?ah, kitabah dan tarjamah. Selain itu dalam mata kuliah balaghah juga ditekankan untuk selalu menggunakan kamus sebagai salah satu rujukan untuk membantu proses pembelajaran mata kuliah tersebut. Sedangkan mata kuliah istima? dan kalam jarang menggunakan kamus dalam pembelajarannya, yang terjadi adalah mahasiswa bertanya langsung kepada dosen ketika kuliah berlangsung. Meskipun demikian, mahasiswa sepertinya masih kurang maksimal dalam penggunaan kamus tersebut, dengan alasan kurang efisien jika harus mencari kata dalam kamus terlebih dahulu. Sedangkan tingkat penguasaan mahasiswa terhadap kamus bahasa Arab yang mereka miliki, tidak sama. Ada yang benar-benar mengerti bagaimana cara membuka kamus bahasa Arab yang mereka miliki, dan ada juga yang belum paham benar cara mencari kata dalam kamusnya tersebut. Sebagian besar dari mereka juga memiliki kamus bahasa Arab lebih dari satu, akan tetapi mereka lebih sering menggunakan salah satu kamus saja yang lebih praktis penggunaannya daripada kamus yang membutuhkan pemahaman ilmu sharf. Dan dari hasil penelitian, implikasi penggunaan kamus bahasa Arab terhadap mahasiswa dalam proses pembelajaran bahasa Arab (istima?, kalam, qira?ah, kitabah, dan tarjamah, dan mata kuliahmata kuliah tertentu) tidak hanya menambah perbendaharaan kosakata saja, akan tetapi juga penulisannya, serta konteks pemakaiannya. Penggunaan kamus juga membantu mereka memiliki pengetahuan memiliki wawasan mengenai perubahan kata dan pembentukannya. Seseorang yang mempelajari suatu bahasa hendaknya senantiasa menggunakan kamus bahasa sebagai salah satu rujukan utama dalam upaya peningkatan kemampuan berbahasa. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kamus Bahasa Arab KW - Pembelajaran Bahasa Arab KW - Media Pembelajaran M1 - skripsi TI - PENGGUNAAN KAMUS BAHASA ARAB DI KALANGAN MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN 2011 AV - restricted EP - 112 ER -