TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Sabarudin, M.Si ID - digilib55376 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55376/ A1 - Khadziq Maarif, NIM.: 07410089 Y1 - 2012/03/05/ N2 - Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya tingkat pemahaman konsep siswa kelompol A1 dalam pembelajaran huruf hijaiyah yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang diterapkan guru kurang maksimal, sehingga suasana belajar menjadi membosankan. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran terutama dalam hal pemahaman konsep serta penulisan huruf hijaiyah siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan pemanfaatan media flash card untuk meningkatkan pemahaman huruf hijaiyah siswa PAUD kelompok A1 TK BA ?Aisyiyah Kalinegoro Mertoyudan Magelang. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar tempat di TK BA ?Aisyiyah Kalinegoro Mertoyudan Magelang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan yakni makna dan proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep huruf hijaiyah siswa melalui tindakan yang dilakukan. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) Pemanfaatkan media flash card menjadikan proses pembelajaran lebih menyenangkan dan mudah dipahami oleh siswa terutama pada pembelajaran huruf hijaiyah di kelas A1 TK BA ?Aisyiyah Kalinegoro, Mertoyudan, Magelang. Hal ini ditandai dengan adanya ketertarikan siswa ketika mengikuti pembelajaran. Selain itu juga guru kelas A1 mahir dalam memanfaatkan media flash card sehingga siswa dapat mengikuti kegiatan dengan baik pada pembelajaran huruf hijaiyah yang dipandu oleh guru. b) Peningkatan pemahaman siswa setelah tindakan dinyatakan berhasil. Hal ini ditandai dengan adanya peningkatan persentase antara sebelum dan sesudah digunakan media flash card. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui hasil evaluasi siswa. Pada pemahaman konsep sebelum tindakan sebesar 25,71%, kemudian setelah dilakukan tindakan menjadi 88,57%. Pada kemampuan menulis huruf sebelum tindakan sebesar 18,57% kemudian setelah dilakukan tindakan menjadi 85%. Hasil tersebut telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan yakni 85%. Berdasarkan dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media flash card dapat meningkatkan pemahaman huruf hijaiyah siswa PAUD kelompok A1 TK BA ?Aisyiyah Kalinegoro Mertoyudan Magelang Tahun Ajaran 2011-2012. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Media Flash Card KW - Pembelajaran Huruf Hijaiyah KW - Siswa PAUD M1 - skripsi TI - PEMANFAATAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN HURUF HIJAIYAH PADA SISWA PAUD KELOMPOK A1 TK BA ?AISYIYAH KALINEGORO MERTOYUDAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2011/2012 AV - restricted EP - 194 ER -