%A NIM.: 08420163 Lusiana Dewi %O Pembimbing: Drs. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag %T MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS XI BAHASA DI MAN CIREBON 1 (TINJAUAN PERENCANAAN DAN PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN) %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen pembelajaran bahasa Arab (bahasa asing) pada kelas XI Bahasa yang ditinjau dari perencanaan dan pengorganisasian pembelajaran. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran atau informasi bagi lembaga pendidikan, bagi pihak-pihak yang memiliki tanggung jawab pendidikan baik guru, kepala sekolah maupun siswa untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif. Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab (bahasa asing) kelas XI Bahasa, siswa-siswi kelas XI Bahasa MAN Cirebon 1 yang berjumlah 28 siswa, dan karyawan serta kepala MAN Cirebon 1. Instrumen dalam penelitian ini berupa pedoman observasi, pedoman analisis dokumen, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran bahasa Arab (bahasa asing) di kelas XI Bahasa Madrasah Aliyah Negeri Cirebon 1 (tinjauan perencanaan dan pengorganisasian pembelajaran), secara umum dapat dikatakan cukup baik karena komponen perencanaan sudah terpenuhi, dan pendekatan serta strategi pembelajaran yang humanis yang dapat menumbuhkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Adapun kekurangannya adalah buku belum sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) karena buku yang digunakan masih kurikulum 1994, analisis tujuan pembelajaran tidak terpisah dari silabus dan RPP, dan kurangnya pemanfaatan media elektronik seperti laboratorium bahasa. %K Manajemen Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Arab, Pengorganisasian Pembelajaran %D 2012 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib55399