%0 Journal Article %@ P-ISSN: 2407-4012| E-ISSN: 2407-4551 %A Ihwan Fauzi, - %A Subiyantoro, - %D 2021 %F digilib:55401 %I Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial (FHIS) Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA) %J Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial %K Epistemology of Education; Awareness; Muslim; Pancasila %N 1 %P 78-89 %T Analisis Manajemen Klasifikasi Masyarakat Muslim Pancasila Berasaskan Epistimologi Pendidikan %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55401/ %V 7 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui epistimologi pendidikan berdasarkan klasifikasi masyarakat muslim yang berlandaskan pancasila. Sesuai dengan permasalahan dalam penelitian ini maka peneliti menggunakan library research (penelitian pustaka) dalam analisisnya. Library research ialah suatu penelitian yang menjadikan bahan pustaka sebagai sumber data utama (penting), sehingga lebih kepada dokumentasy research (penelitian dokumentasi). Analisis data yang digunakan adalah content analysis (Analisis isi) adalah penelitian yang bersifat pembahasan mendalam terhadap konten suatu informasi tertulis atau tercetak (printed) dalam media massa. Metode komparatif yaitu mencari relevansirelevansi antara bermacam data dari beberapa kalimat, opini yang diperoleh menggunakan pendekatan kualitatif, setelah itu dibandingkan antara data-data tersebut untuk diambil kesimpulan-kesimpulan. Hasil penelitian menyebutkan bahwa Pancasila adalah rumah bersama, tempat semua kelompok agama (termasuk islam) dapat mengisi dan memperkaya nilai-nilai luhur kemanusiaan yang menjadi inti Pancasila. Landasan berpikir masyarakat muslim yang berlandaskan pancasila ialah rasional, empirik dan intuitif. Menjadi masyarakat yang hanafiyyah, menjadikan nalar abduktif sebagai jalan untuk menjadikan bangsa Indonesia yang memiliki rasa keyakinan, rasa kemanusiaan, rasa persatuan, rasa musyawarah, dan rasa keadilan yang diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.