%0 Journal Article %@ ISSN (e-ISSN): 2656-5382 (2656-0224) %A Miftahussaadah, - %A Subiyantoro, - %D 2021 %F digilib:55417 %I STIT Palapa Nusantara %J Islamika : Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan %K Paradigma, Pembelajaran, Motivasi %N 1 %P 97-107 %T PARADIGMA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55417/ %V 3 %X Belajar merupakan sebuah usaha yang dilakukan secara sadar untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. Dalam paradigma pendidikan terbaru, tujuan pembelajaran tidak lagi hanya untuk mengubah tingkah laku peserta didik, akan tetapi lebih kepada membentuk karakter profesional dan sikap psikologis dalam segala aspek. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan sebuah motivasi. Motivasi belajar yang terkandung dalam diri seseorang memiliki peranan yang sangat penting dalam mencapai suatu tujuan, karena motivasi bisa membuat seseorang memiliki dorongan yang kuat untuk melakukan sesuatu. Dalam hal ini, guru memiliki peranan yang signifikan dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa guna mencapai tujuan pembelajaran dan kebutuhan zaman yang terus berubah juga tuntutan akan perubahan paradigma pembelajaran. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk memahami makna paradigma pembelajaran serta pentingnya menumbuhkan motivasi belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran.