eprintid: 55417 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12253 dir: disk0/00/05/54/17 datestamp: 2022-12-07 22:05:31 lastmod: 2022-12-07 22:05:31 status_changed: 2022-12-07 22:05:31 type: article metadata_visibility: show creators_name: Miftahussaadah, - creators_name: Subiyantoro, - title: PARADIGMA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pdk full_text_status: public keywords: Paradigma, Pembelajaran, Motivasi abstract: Belajar merupakan sebuah usaha yang dilakukan secara sadar untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. Dalam paradigma pendidikan terbaru, tujuan pembelajaran tidak lagi hanya untuk mengubah tingkah laku peserta didik, akan tetapi lebih kepada membentuk karakter profesional dan sikap psikologis dalam segala aspek. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan sebuah motivasi. Motivasi belajar yang terkandung dalam diri seseorang memiliki peranan yang sangat penting dalam mencapai suatu tujuan, karena motivasi bisa membuat seseorang memiliki dorongan yang kuat untuk melakukan sesuatu. Dalam hal ini, guru memiliki peranan yang signifikan dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa guna mencapai tujuan pembelajaran dan kebutuhan zaman yang terus berubah juga tuntutan akan perubahan paradigma pembelajaran. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk memahami makna paradigma pembelajaran serta pentingnya menumbuhkan motivasi belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. date: 2021-01 date_type: published publication: Islamika : Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan volume: 3 number: 1 publisher: STIT Palapa Nusantara pagerange: 97-107 refereed: TRUE issn: ISSN (e-ISSN): 2656-5382 (2656-0224) citation: Miftahussaadah, - and Subiyantoro, - (2021) PARADIGMA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Islamika : Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 3 (1). pp. 97-107. ISSN ISSN (e-ISSN): 2656-5382 (2656-0224) document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55417/1/PARADIGMA%20PEMBELAJARAN%20DAN%20MOTIVASI%20BELAJAR%20SISWA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55417/2/surat-surat-pernyataan1670450216.pdf