TY - THES N1 - Pembimbing: Anis Masruri, S.Ag. SIP. M.Si., ID - digilib5542 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5542/ A1 - RIKA HARDIANA - NIM. 08141153, Y1 - 2011/02/10/ N2 - Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan perpustakaan sekolah di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta tahun ajaran 2010/2011, bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tahun ajaran 2010/2011, dan adakah hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tahun ajaran 2010/2011? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya persentase faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan perpustakaan SD Negeri Ngupasan Yogyakarta tahun ajaran 2010/2011, dapat diketahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tahun ajaran 2010/2011, dan dapat diketahui hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa SD Negeri Ngupasan Yogyakarta tahun ajaran 2010/2011 berjumlah 297 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner, dokumenter, observasi, interview dan survey. Pengambilan sampelnya yaitu dengan random sebesar 60 responden yaitu 20% dari populasi. Penelitian terdiri dari dua variabel, yaitu variabel bebas (faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan perpustakaan) dan variabel ikat (hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia). Metode analisis validitas menggunakan product moment, analisis reliabilitas menggunakan rumus Spearman-Brown, sedangkan analisis data menggunakan deskripsi persentase. Hasil dari penelitian ini diketahui besar faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan perpustakaan yang dilihat dari ke 8 indikator dengan deskripsi presentase sebesar 72,81%, jika dikonsultasikan pada tabel kategori masuk pada kategori baik. Sedangkan nilai rata-rata siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah 74,13, masuk dalam kategori Baik. Perhitungan korelasi variabel x terhadap variabel y diperoleh sebesar 0,85. Jika dikonsultasikan dengan r tabel product moment untuk N = 60 dengan taraf signifikansi 5% adalah 0,254 (r hitung = 0,85 r tabel = 0,254). Sehingga simpulannya hubungan antara variabel X dengan variabel Y adalah signifikan. Semakin baik faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan perpustakaan, semakin baik pula hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Pemanfaatan Perpustakaan KW - Perpustakaan Sekolah M1 - skripsi TI - FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI NGUPASAN YOGYAKARTA PADA TAHUN AJARAN 2010/2011 AV - restricted ER -