eprintid: 5542 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/55/42 datestamp: 2013-02-11 09:56:22 lastmod: 2015-10-13 02:34:45 status_changed: 2012-05-04 16:48:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RIKA HARDIANA - NIM. 08141153, title: FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI NGUPASAN YOGYAKARTA PADA TAHUN AJARAN 2010/2011 ispublished: pub subjects: IA divisions: jur_ipis1 full_text_status: restricted keywords: Pemanfaatan Perpustakaan, Perpustakaan Sekolah note: Pembimbing: Anis Masruri, S.Ag. SIP. M.Si., abstract: Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan perpustakaan sekolah di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta tahun ajaran 2010/2011, bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tahun ajaran 2010/2011, dan adakah hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tahun ajaran 2010/2011? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya persentase faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan perpustakaan SD Negeri Ngupasan Yogyakarta tahun ajaran 2010/2011, dapat diketahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tahun ajaran 2010/2011, dan dapat diketahui hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa SD Negeri Ngupasan Yogyakarta tahun ajaran 2010/2011 berjumlah 297 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner, dokumenter, observasi, interview dan survey. Pengambilan sampelnya yaitu dengan random sebesar 60 responden yaitu 20% dari populasi. Penelitian terdiri dari dua variabel, yaitu variabel bebas (faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan perpustakaan) dan variabel ikat (hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia). Metode analisis validitas menggunakan product moment, analisis reliabilitas menggunakan rumus Spearman-Brown, sedangkan analisis data menggunakan deskripsi persentase. Hasil dari penelitian ini diketahui besar faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan perpustakaan yang dilihat dari ke 8 indikator dengan deskripsi presentase sebesar 72,81%, jika dikonsultasikan pada tabel kategori masuk pada kategori baik. Sedangkan nilai rata-rata siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah 74,13, masuk dalam kategori Baik. Perhitungan korelasi variabel x terhadap variabel y diperoleh sebesar 0,85. Jika dikonsultasikan dengan r tabel product moment untuk N = 60 dengan taraf signifikansi 5% adalah 0,254 (r hitung = 0,85 r tabel = 0,254). Sehingga simpulannya hubungan antara variabel X dengan variabel Y adalah signifikan. Semakin baik faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan perpustakaan, semakin baik pula hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia date: 2011-02-10 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Adab thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2011-02-10 14:14:36 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--rikahardia-5322-1-rikahar-g.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/107/digilib-uinsuka--rikahardia-5322-1-rikahar-g.pdf ; url download server lama : /download.php?id=5912 ; nama file lama : RIKA HARDIANA NIM. 08141153 - FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI NGUPASAN YOG.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1334202 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: RIKA HARDIANA - NIM. 08141153, (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI NGUPASAN YOGYAKARTA PADA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5542/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5542/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf