%0 Journal Article %@ p-ISSN 2540-8127, e-ISSN 2597-6656 %A Miqdad Tattaq Noto Sabdo, - %A Subiyantoro, - %D 2021 %F digilib:55422 %I Tarbiyah Faculty of UNU Sunan Giri Bojonegoro, %J Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam %K Self-Regulated Learning, Mahasiswa, PUTM %N 2 %P 125-136 %T SELF-REGULATED LEARNING DALAM KEPEMIMPINAN MAHASISWA PENDIDIKAN ULAMA TARJIH MUHAMMADIYAH %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55422/ %V 6 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis Self Regulated Learning Mahasiswa Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian terdiri dari murid, dosen, musrif/ah, dan mahasiswa/i PUTM. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan tahapan reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa/i bisa dengan mudah untuk menyesuaikan diri di lingkungan Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah, terutama di lingkungan Unires baik putra maupun putri dan setiap mahasiswa/i mempunyai cara yang berbeda agar mahasiswa/i mempunyai regulasi diri yang baik, yaitu dengan tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan luar dan terpengaruh oleh teman, selalu mempunyai jadwal yang teratur dan kata-kata motivasi yang selalu mengingatkan mahasiswa/i pada tujuan awal belajar di Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah. Mahasiswa/i mempunyai regulasi diri yang baik karena mahasiswa/i juga melakukan aturan-aturan yang ada di Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah dilakukan di rumah mereka ketika liburan, sehingga apa yang mereka dapatkan di Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah tidak sia-sia karena mereka juga melaksanakannya dirumah