TY - JOUR ID - digilib55425 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55425/ IS - 2 A1 - Lathifah Abdiyah, - A1 - Subiyantoro, - N2 - Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan teori kontruktivistik dalam pembelajaran tematik di MI Muhammadiyah 03 Takerharjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Teori belajar kontruktivistik merupakan teori yang sesuai untuk diterapkan dalam pembelajaran, karena teori ini membutuhkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajarannya. Jadi proses pembelajaran yang dilaksanakan akan lebih hidup dan tentunya lebih bermakna. Partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran sebagai penerapan teori konstruktivistik tersebut dapat dilaksanakan dalam pembelajaran secara tematik, dimana pembelajaran tematik sendiri merupakan salah satu model pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna bagi peserta didik. Pembelajaran tematik menekankan pada keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajarinya. 2) Dalam penerapan model pembelajaran konstruktivistik, pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar merupakan salah satu sumber belajar yang amat penting dan memiliki nilai-nilai yang sangat berharga dalam rangka proses pembelajaran siswa. Lingkungan dapat memperkaya bahan dan kegiatan belajar. Lingkungan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar terdiri dari lingkungan sosial dan lingkungan fisik (alam). 3) Pembelajaran tematik sendiri lebih menekankan pada penerapan konsep belajar sambil melakukan sesuatu (learning by doing), sesuai dengan prinsip dasar dari kontruktivisme yang harus dipegang oleh pengajar adalah bahwa siswa lebih baik belajar dengan berbuat (learning by doing) daripada belajar dengan mengamati. VL - 5 TI - PENERAPAN TEORI KONSTRUKTIVISTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR AV - public EP - 136 Y1 - 2021/08// PB - Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surabaya. JF - ELSE (Elementary School Education Journal) KW - Penerapan KW - Teori Konstruktivistik KW - Pembelajaran Tematik SN - P-ISSN: 2581-1800 E-ISSN: 2597-4122 SP - 127 ER -