%0 Thesis %9 Skripsi %A Mansata Indah Dwi Utari, NIM.: 08420103 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2012 %F digilib:55431 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Karakteristik Behavioristik, Metode Humanistik, Pembelajaran Bahasa Arab %P 133 %T STUDI KOMPARASI TEORI BEHAVIORISTIK DAN HUMANISTIK (KAJIAN METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55431/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan belajar dan pengajaran menurut teori Behavioristik dan teori Humanistik yang dispesifikasikan pada kajian metode pembelajaran bahasa Arab. Kemudian kedua teori tersebut dikomparasikan untuk mengetahui masing-masing kelebihan dan kekurangannya. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan berupa data literer atau data tertulis seperti buku, jurnal, artikel, dll yang terkait dengan teori behavioristik dan teori humanistik serta metode pengajaran bahasa Arab. Data yang sudah terkumpul diolah menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode-metode behavioristik sudah tidak banyak dipakai dalam pembelajaran bahasa arab karena banyaknya kekurangan sehingga dianggap tidak mampu mengatasi permasalahanpermasalahan belajar siswa. Sementara itu, metode-metode humanistik semakin meluas digunakan dalam pembelajaran bahasa arab yang sampai saat ini menjadi metode yang dirasa dapat menjadi solusi permasalahan belajar siswa. %Z Pembimbing: Drs. H. Nazri Syakur, M. A