@phdthesis{digilib55441, month = {March}, title = {METODE PEMBELAJARAN DALAM FILM TAARE ZAMEEN PAR (IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 08410008 Mita Syakirina}, year = {2012}, note = {Pembimbing: Dr. Sabarudin, M.Si}, keywords = {Film Taare Zameen Par, Metode Pembelajaran, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55441/}, abstract = {tidak harus disampaikan melalui pendidikan formal maupun pendidikan non formal. Akan tetapi pendidikan bisa didapat melalui berbagai media yaitu film pendidikan seperti film Taare Zameen Par yang mengandung pesan-pesan edukatif. Film ini menyuguhkan metode-metode pembelajaran yang dapat diaplikasikan ke dalam pengajaran serta memiliki keterlibatan dengan pembelajaran pendidikan agama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode-metode pembelajaran yang ada dalam film Taare Zameen Par serta menilik berdasarkan implikasinya dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode dokumentasi dan pendekatan semiotika. Secara lebih spesifik, pendekatan semiotika yang digunakan dalam pendekatan ini adalah pendekatan pragmatik. Sedangkan untuk menganalisis film, penulis menggunakan analisis isi (content analysis) dan dari analisis tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, mengungkap metode-metode pendidikan yang digunakan dalam pengajaran diantaranya adalah metode cerita untuk menarik perhatian siswa dan mengaktifkan siswa, metode, metode pemberian tugas/resitasi untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab, metode drill/latihan sebagai tolak ukur kemampuan siswa, metode hukuman/punishment agar siswa tidak mengulangi kesalahan, metode simulasi, metode hadiah/reward sebagai bentuk apresiasi dan dapat memacu siswa untuk berprestasi. Kedua, metode-metode yang dimunculkan dalam film Taare Zameen Par, dapat diimplikasikan ke dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Buktinya bahwa metode pembelajaran pendidikan agama Islam sekarang, ternyata ada kesamaan dalam memakai metode pembelajaran dalam mengajarkan suatu materi pembelajaran. Hanya saja terjadi perbedaan dalam proses pelaksanaan. Hal ini dibuktikan dengan adanya persamaan teknik pelaksanaan metode, baik yang digunakan dalam metode dalam film tersebut dengan metode pembelajaran pendidikan agama Islam saat ini. Metode-metode tersebut akan efektif digunakan manakala guru mampu menerapkan metode tersebut dengan baik ke dalam materi yang akan disampaikan.} }