%0 Thesis %9 Skripsi %A Much. Rikhan Fuadi, NIM.: 08410042 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2012 %F digilib:55443 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Motivasi Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam, Pendidikan Agama Islam %P 112 %T MOTIVASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH BUMIREJO MAGELANG %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55443/ %X Latar belakang penelitian ini adalah dorongan untuk mempelajari materi pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang beraneka ragam. Sehingga perlu diteliti agar lebih terinci lebih detail lagi bagaimana sebenarnya motivasi belajar siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Bumirejo Magelang. Dengan sarana dan prasarana serta sumber daya manusia yang dimiliki Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Bumirejo Magelang yang representatife untuk kegiatan belajar mengajar tentunya akan menumbuhkan motivasi belajar. Dalam penelitian kali ini akan dibahasa mengenai bagaimana motivasi belajar siswa kelas VII, faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi motivasi belajar siswa serta bagaimanakah upaya-upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Bumirejo Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil lokasi di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Bumirejo Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran dan pengumpulan angket, wawancara mendalam dan dokumentasi serta observasi. Adapun dalam penelitian ini teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu teknik triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Pada umumnya siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Bumirejo Magelang lebih termotivasi dari dalam atau lebih bersifat intrinsik. Hal ini terlihat dari jawaban siswa yang 100 % menjawab bahwa alasan siswa belajar Sejarah Kebudayaan Islam adalah karena ingin tahu tentang sejarah. Alternatif jawaban lain yang mengindikasikan faktor ekstrinsik tidak ada satupun siswa yang memilihnya. 2). Adapun faktorfaktor yang mempengaruhi motivasi intrisik siswa tersebut adalah: rasa ingin tahu dari dalam diri yang tinggi terhadap materi pelajaran, materi pelajaran yang menarik, sikap siswa ketika belajar Sejarah Kebudayaan Islam yang serius dan antusias mengikuti pelajaran. 3). Upaya-upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah: menjalin komunikasi yang baik, menggunakan strategi dan metode dalam belajar yang sesuai, berusaha memberikan pembelajaran yang ideal. %Z Pembimbing: Drs. Rofik, M.Ag