eprintid: 55444 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/54/44 datestamp: 2022-12-09 04:09:34 lastmod: 2022-12-09 04:09:34 status_changed: 2022-12-09 04:09:34 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Muh. Alif Kurniawan, NIM.: 08410182 title: UPAYA GURU PAI DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA AL-QURAN PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 KALASAN ispublished: pub subjects: P subjects: ust_ divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kesulitan Belajar, Membaca Al-Quran, Guru PAI note: Pembimbing: Prof. Dr. H. Maragustam Siregar, MA abstract: Latar belakang penelitian ini adalah bahwa idealnya bagi siswa SMP harus sudah bisa membaca Al-Quran meski bacaannya masih tertatih-tatih. Dalam kenyataannya membaca Al-Quran adalah salah satu permasalahan yang ada di SMP N 2 Kalasan, dimana lebih dari sebagian siswa belum mampu membaca Al- Quran. Untuk itu guru PAI dituntut untuk berupaya mengatasi permasalah tersebut sehingga tujuan pendidikan yang tersusun dalam rencana pembelajaran dan tujuan pendidikannya akan dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Quran, tingkat kemampuan membaca Al-Quran serta faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Quran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di SMP N 2 Kalasan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan cara analisis yang cenderung menggunakan katakata untuk menjelaskan fenomena atau data yang didapatkan. Dalam penelitian ini penulis menetapkan sampel sebanyak 15% dari jumlah populasi 204 yaitu 30 siswa dengan ketentuan penarikan sampel yaitu purposive sampling. Analisis juga dilakukan secara sistematis agar data-data yang dikumpulkan dapat dibaca dan dimengerti dengan menggunakan komponen reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Quran pada siswa kelas VIII SMP N 2 Kalasan yaitu melakukan bimbingan individu, penerapan strategi mengeja, seringnya memberikan tugas rumah, selalu memberikan motivasi serta memperbanyak latihan (drill). 2) Tingkat kemampuan membaca Al-Quran siswa kelas VIII SMP N 2 Kalasan dikatakan beragam karena siswa memiliki kemampuan membaca yang berbeda-beda, hasil tes membaca Al-Quran siswa kelas VIII SMP N 2 Kalasan yang dilakukan dengan menggunakan purposive sampling yaitu dengan rata-rata nilai 60,83 masuk kedalam kategori cukup. 3) Faktor pendukung upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Quran adalah tersedianya sarana dan prasarana pembelajaran Al-Quran serta adanya ekstrakurikuler qiraah dan tartil. Sedangkan faktor penghambatnya adalah lemahnya pemahaman siswa terhadap huruf hijaiyah, kurangnya perhatian orang tua, alokasi waktu pembelajaran yang sedikit, lemahnya kemauan siswa untuk belajar membaca Al-Quran serta pergaulan siswa di lingkungan masyarakat. date: 2012-02-27 date_type: published pages: 110 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Muh. Alif Kurniawan, NIM.: 08410182 (2012) UPAYA GURU PAI DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA AL-QURAN PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 KALASAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55444/1/BBRT44~A.PDF document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55444/2/BHHTKU~Y.PDF