eprintid: 55446 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/54/46 datestamp: 2022-12-09 04:17:27 lastmod: 2022-12-09 04:17:27 status_changed: 2022-12-09 04:17:27 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Muhammad Arif Budiman, NIM.: 07420045 title: KORELASI ANTARA LINGKUNGAN BAHASA DENGAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN TA’MIRUL ISLAM TEGALSARI SURAKARTA 2011/2012 ispublished: pub subjects: pen_isl subjects: teo_pen divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Kemahiran Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Arab, Lingkungan Bahasa note: Pembimbing: Dr. H. Nazri Syakur, M.A abstract: Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahasa merupakan alat komunikasi bagi manusia. Guru lebih banyak mengajarkan waktuya untuk mengajarkan pengetahuan bahasa dan bukan mengajarkan agar siswa pandai berbahasa lisan maupun tulisan. Lingkungan bahasa memegang peran penting dalam kemahiran berbicara seseorang. Lingkungan yang baik akan menggiring anak untuk berbuat baik pula dan begitu juga sebaliknya. Maka dari itu diperlukan penelitian seberapa besar tingkat korelasi antara lingkungan bahasa dengan kemahiran berbicara bahasa Arab siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanganan Lingkungan bahasa dan Evaluasi Kemahiran Berbicara Bahasa Arab serta Hubungan antara Lingkungan Bahasa dan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab siswa. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan dalam memperbaiki proses pembelajaran bagi semua pihak, khususnya Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Tegalsari Surakarta dalam pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Tekik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan skala. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu: pengumpulan data (data dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan skala), mereduksi data yang telah terkumpul, mendeskripsikan data-data secara sistematis dan mengambil kesimpulan dengan memverifikasi data yang lebih mendalam. Hasil dari penelitian menunjukkan: Pertama, Penanganan Lingkungan Bahasa terhadap Kemahiran Berbicara Bahasa Arab siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Ta’mirul Islam tergolong cukup, yang mana diperoleh data tanggapan siswa terhadap lingkungan bahasa dengan kategori baik sebanyak 12 siswa (22,64%),yang masuk dalam kategori cukup sebanyak 33 siswa (62,26%), sedangkan dalam kategori kurang sebanyak 8 siswa (15,10%). Kedua, Hasil Tes Muhadatsah siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta siswa tergolong cukup baik karena dari analisis data yang masuk peringkat baik sebanyak 14 siswa (26,41%) , yang masuk peringkat cukup sebanyak 28 siswa (52,84%) dan dalam kategori kurang sebanyak 11 siswa (20,75%). Ketiga, Ada hubungan yang positif dan signifikan antara Lingkungan Bahasa dengan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. Hal ini ditunjukan dengan nilai rxy sebesar 0,611 yang lebih besar dari r table pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,273 dan pada taraf signifikansi 1% yaitu 0,354. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi penanganan lingkungan bahasa pada siswa semakin tinggi pula kemahiran berbicara bahasa Arab siswa, dan sebaliknya semakin rendah penanganan lingkungan pada siswa semakin rendah pula kemahiran berbicara bahasa Arab siswa. date: 2012-03-07 date_type: published pages: 121 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Muhammad Arif Budiman, NIM.: 07420045 (2012) KORELASI ANTARA LINGKUNGAN BAHASA DENGAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN TA’MIRUL ISLAM TEGALSARI SURAKARTA 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55446/1/BBRT44~A.PDF document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55446/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf