<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN SHARAF DENGAN KITAB SHARAF PRAKTIS “METODE KRAPYAK” DI KELAS IIB AWALIYAH MADRASAH DINIYAH PUTRA PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses\r\npenggunaan kitab sharaf praktis “Metode Krapyak” dalam pembelajaran sharaf di\r\nkelas IIB Awaliyah Madrasah Diniyah Putra PonPes Nurul Ummah dan beberapa\r\nfaktor baik yang mendukung dan menghambat dalam pembelajaran sharaf, selain\r\nitu untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menggunakan kitab sharaf\r\npraktis “Metode Krapyak” di kelas IIB Awaliyah MDNU Putra. Hasil penelitian\r\nini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang pentingnya memilih buku\r\najar yang tepat dalam pembelajaran khususnya dalam pembelajaran sharaf.\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan\r\npendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi,\r\nwawancara, observasi dan angket. Adapun proses analisis data dengan analisis\r\nkualitatif dengan metode induktif.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan: 1) Penerapan pembelajaran sharaf dengan\r\nkitab sharaf praktis “Metode Krapyak” melalui tahap persiapan yang meliputi:\r\nkoreksi materi, mempersiapan formulir hafalan santri, mencari kitab-kitab yang\r\nterkait sebagai referensi tambahan, dan tahap pelaksanaan meliputi: proses\r\npenerapan kitab sharaf praktis, metode dan proses penilaian hafalan. 2)\r\nPenggunaan kitab sharaf praktis “Metode Krapyak” dalam pembelajaran sharaf di\r\nkelas IIB awaliyah MDNU Putra cukup efektif sebab mampu memberi\r\nkemudahan santri dalam menghafal dan mengasah kemahiran Qowaid khususnya\r\nmateri sharaf. 3) Faktor pendukung penggunakan kitab sharaf praktis dalam\r\npembelajaran sharaf antara lain: kitab sharaf praktis “Metode Krapyak” memberi\r\nkemudahan pada santri dalam pembelajaran sharaf khususnya dalam menghafal\r\nkaidah tasrif, santri sangat senang menggunakan kitab sharaf praktis, ustad\r\npengajar sangat berkompeten di bidangnya. Adapun faktor penghambatnya antara\r\nlain: latar belakang pendidikan santri yang beragam, alokasi waktu yang minim,\r\ntarget materi sharaf yang hanya ditekankan pada hafalan."^^ . "2012-02-29" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 08420120"^^ . "Muhammad Bagus Jazuli"^^ . "NIM.: 08420120 Muhammad Bagus Jazuli"^^ . . . . . . "EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN SHARAF DENGAN KITAB SHARAF PRAKTIS “METODE KRAPYAK” DI KELAS IIB AWALIYAH MADRASAH DINIYAH PUTRA PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012 (Text)"^^ . . . . . "BBRT44~A.PDF"^^ . . . "EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN SHARAF DENGAN KITAB SHARAF PRAKTIS “METODE KRAPYAK” DI KELAS IIB AWALIYAH MADRASAH DINIYAH PUTRA PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012 (Text)"^^ . . . . . "EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN SHARAF DENGAN KITAB SHARAF PRAKTIS “METODE KRAPYAK” DI KELAS IIB AWALIYAH MADRASAH DINIYAH PUTRA PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN SHARAF DENGAN KITAB SHARAF PRAKTIS “METODE KRAPYAK” DI KELAS IIB AWALIYAH MADRASAH DINIYAH PUTRA PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN SHARAF DENGAN KITAB SHARAF PRAKTIS “METODE KRAPYAK” DI KELAS IIB AWALIYAH MADRASAH DINIYAH PUTRA PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN SHARAF DENGAN KITAB SHARAF PRAKTIS “METODE KRAPYAK” DI KELAS IIB AWALIYAH MADRASAH DINIYAH PUTRA PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN SHARAF DENGAN KITAB SHARAF PRAKTIS “METODE KRAPYAK” DI KELAS IIB AWALIYAH MADRASAH DINIYAH PUTRA PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN SHARAF DENGAN KITAB SHARAF PRAKTIS “METODE KRAPYAK” DI KELAS IIB AWALIYAH MADRASAH DINIYAH PUTRA PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN SHARAF DENGAN KITAB SHARAF PRAKTIS “METODE KRAPYAK” DI KELAS IIB AWALIYAH MADRASAH DINIYAH PUTRA PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN SHARAF DENGAN KITAB SHARAF PRAKTIS “METODE KRAPYAK” DI KELAS IIB AWALIYAH MADRASAH DINIYAH PUTRA PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #55448 \n\nEFEKTIFITAS PEMBELAJARAN SHARAF DENGAN KITAB SHARAF PRAKTIS “METODE KRAPYAK” DI KELAS IIB AWALIYAH MADRASAH DINIYAH PUTRA PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012\n\n" . "text/html" . . . "Metode Pembelajaran" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .