eprintid: 55481 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/54/81 datestamp: 2023-01-03 07:40:42 lastmod: 2023-01-03 07:40:42 status_changed: 2023-01-03 07:40:42 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Muhammad Roihan Alhaddad, NIM.: 07410224 title: NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM ispublished: pub subjects: isl_pend subjects: kar_ divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Moral, Pendidikan Islam, Novel Surat kecil Untuk Tuhan note: Pembimbing: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd abstract: Latar belakang penelitian ini bahwa pendidikan nilai moral di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat diperlukan media pembelajaran yang lebih modern, rasional, komprehensif, mudah ditangkap dan dihayati oleh anak didik. Novel selain sebagai media hiburan, seharusnya mampu lebih diprioritaskan sebagai media yang efektif dan kreatif dalam menyampaikan pesan-pesan pendidikan khususnya pendidikan moral. Terutama dalam novel yang mengangkat tema pendidikan, yang banyak mengandung nilai-nilai pendidikan moral seperti novel Surat kecil Untuk Tuhan. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan moral apa saja yang terkandung dalam novel Surat Kecil Untuk Tuhan karya Agnes Davonar dan bagaimana relevansinya dengan pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan novel Surat Kecil Untuk Tuhan yang diasumsikan mengadung nilai-nilai pendidikan moral dan juga mengetahui relevansinya dengan pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research) dengan mengambil objek novel Surat Kecil Untuk Tuhan. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan semiotik. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis isi (content analisis) yaitu teknik membuat rumusan kesimpulan dengan mengidentifikasi pesan dari teks secara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Moral terhadap Allah meliputi: Pendidikan bersyukur kepada Allah, memohon kepada Tuhan, menerima Takdir, berserah diri, menyesali kesalahan, ibadah. (2) Moral Individu meliputi: sikap optimis, rendah hati, tidak dendam, berprasangka baik, sabar menerima cobaan hidup, berusaha, memperbaiki diri, kejujuran, ikhlas. (3) Moral terhadap keluarga meliputi: Kasih sayang orang tua, patuh terhadap orangtua. (4) Moral terhadap masyarakat meliputi: Tolong-menolong, Menjaga Tali Silahturahmi. Sedangkan relevansi pendidikan moral dengan pendidikan Islam adalah bahwa pendidikan moral memiliki ruang lingkup dan tujuan yang lebih luas sedangkan nilai pendidikan Islam lebih spesifik. Maka dapat disimpulkan bahwa ada relevansi antara pendidikan moral dengan pendidikan Islam. date: 2012-02-23 date_type: published pages: 114 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Muhammad Roihan Alhaddad, NIM.: 07410224 (2012) NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55481/1/BBRT44~A.PDF document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55481/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf