relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55485/ title: PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF HIJAIYAH DENGAN METODE KARTU DI MI MA' ARIF KRICAAN MESIR SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012 creator: Munif Khabibah, NIM.: 09481108 subject: Metode Pembelajaran subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah description: Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran Al-Qur'an - Hadis pada kelas II di MI Ma'arif Kricaan Mesir, Salam, Magelang, Jawa tengah masih mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi-materi pelajaran secara baik dan mudah dipahami oleh seiuruh siswa,sehingga hasil nilai akhir belum memuaskan. Belumnya ada metode yang mudah dilakukan oleh seluruh siswa dalam pembelajaran yang mampu membuat siswa lebih kreatif serta aktif dalam setiap pembelajaran. Maka dari itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki serta memperoleh metode yang tepat digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode kartu sebagai alat peraga dalam pembelajaran Al-Qur' an - Hadis kelas II setelah metode tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat eksploratif deskriptif dengan menggunakan analisa proses dalam pengambilan nilai, dengan mengambil latar MI Ma'arif Kricaan Mesir, Salam, Magelang, Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan ยท pengamatan, wawancara mendalam, dokumentasi dan angket untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan, ( 4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: metode kartu sangat efektif sebagai alat peraga dalam pembelajaran Al-Qur'an - Hadis khususnya kelas II MI Ma'arif Kricaan Mesir Salam Magelang Tahun Pelajaran 20 IO / 2011, hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan keaktifan siswa terlihat pada rasa senang, perhatian, bekerjasama dalam kelompok, mendengarkan pendapat orang lain, mudah memahami tugas yang diberikan guru, mudah mengerjakan tugas serta cepat dalam menyelesaukan tugas yang diberikan oleh guru. Hal tersebut terbukti dari hasil nilai ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 76, 47 % kemudian pada siklus II sebesar 100 % hal ini mengalami peningkatan sebesar 33,53%. date: 2011-12-09 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55485/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55485/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf identifier: Munif Khabibah, NIM.: 09481108 (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF HIJAIYAH DENGAN METODE KARTU DI MI MA' ARIF KRICAAN MESIR SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.