eprintid: 55486 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/54/86 datestamp: 2023-01-03 07:59:31 lastmod: 2023-01-03 07:59:31 status_changed: 2023-01-03 07:59:31 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Munifah Ahmad, NIM.: 08410013 title: NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KUMPULAN HIKAYAT HUMOR SUFI NASHRUDDIN HOJA ispublished: pub subjects: P subjects: etika divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Nilai Akhlak, Akhlak Manusia, Hikayat Humor Sufi Nashruddin Hoja note: Pembimbing: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag. abstract: Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan akhlak merupakan proses pendidikan yang akan membangun pribadi yang luhur pada masing-masing individu. Oleh karena itu pendidikan akhlak harus ditegakkan mengingat akhlak merupakan dasar yang utama dalam pembentukan kepribadian manusia yang seutuhnya. Pendidikan akhlak tidak hanya diterpakan dalam pendidikan formal saja, tetapi juga diterapkan secara intensif dalam keluarga. Pendidikan akhlak diterapkan dengan berbagai media, salah satunya adalah media cerita dan kisah lewat buku-buku kumpulan hikayat humor sufi Nashruddin Hoja. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menyerap nilai pendidikan akhlak dalam kumpulan hikayat humor sufi Nashruddin Hoja dengan pendidikan agama Islam. Peneliti akan membahas mengenai nilai pendidikan akhlak apa saja yang terkandung dalam buku tersebut, kemudian nilai pendidikan akhlak tersebut akan direlevankan dengan pendidikan agama Islam. Baik dari segi isi, materi dan metode pembelajaran yang relevan dengan pendidikan akhlak dan pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian literer dengan mengambil objek penelitian dari buku-buku kumpulan hikayat humor sufi Nashruddin Hoja. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan content analisys, yaitu cara mengidentifikasi data teks dengan pembacaan dan pengamatan secara cermat, mendeskripsikan ciri-ciri atau komponen yang terkandung di setiap data kemudian menyusun klasifikasi secara keseluruhan sehingga mendapatkan deskripsi serta kandungan nilai pendidikan akhlak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) terdapat nilai pendidikan akhlak dalam buku kumpulan hikayat humor sufi Nashruddin Hoja, diantaranya adalah nilai pendidikan akhlak kepada Allah SWT, nilai pendidikan akhlak kepada diri sendiri, nilai pendidikan akhlak kepada orang lain, nilai pendidikan akhlak kepada lingkungan dan nilai pendidikan akhlak kepada negara. 2) terdapat relevansi antara pendidikan akhlak dengan pendidikan agama Islam yaitu ditinjau dari tujuan pendidikan agama Islam, materi pendidikan agama Islam, metode dan strategi yang digunakan dalam penyampaian materi pendidikan agama Islam. date: 2012-03-05 date_type: published pages: 151 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Munifah Ahmad, NIM.: 08410013 (2012) NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KUMPULAN HIKAYAT HUMOR SUFI NASHRUDDIN HOJA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55486/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55486/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf