relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55487/ title: PENERAPAN METODE BERMAIN, CERITA DAN MENYANYI (BCM) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH ISLAM DI TPA MASJID SAFINATURRAHMAH SAPEN YOGYAKARTA creator: Mursyidah, NIM.: 08410057 subject: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam subject: Metode Pembelajaran description: Latar Belakang Penelitian ini adalah masih banyaknya paradigma tentang pembelajaran Sejarah yang menjenuhkan dan membosankan. Salah satu kemungkinan penyebab hal tersebut terjadi adalah penggunaan metode yang monoton, yaitu lebih dominan dengan menggunaan metode ceramah. Oleh karena itu guru dituntut untuk mencari metode pembelajaran yang dapat membangkitkan motivasi belajar siswa sehingga siswa tidak mengalami kejenuhan dalam menerima dan mengikuti proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan metode Bermain, Cerita dan Menyanyi (BCM) dalam pembelajaran Sejarah Islam di TPA Masjid Safinaturrahmah Sapen Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang mengambil latar di TPA Masjid Safinaturrahmah Sapen Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik analisis interaktif, yaitu menyeleksi data(data reduction), menyajian data (data display), menyimpulkan data (conclution drawing), serta verivikasi. Sedang untuk mengecek keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, dilakukan dengan cara membandingkan data hasil wawancara dengan hasil observasi atau pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Penerapan metode Bermain, Cerita dan Menyanyi (BCM) dalam proses pembelajaran Sejarah Islam di TPA Masjid Safinaturrahmah Sapen dilaksanakan pada setiap kelas. Akan tetapi penggunaan metode ini belum maksimal. Hal ini terjadi karena kurangnya alokasi waktu, sehingga metode BCM belum sepenuhnya diterapkan dalam setiap penyampaian materi. (2) Hasil dari penerapan metode BCM dalam pembelajaran Sejarah Islam adalah efektif. Karena dengan menerapkan metode BCM ini dari segi kognitif santri mampu memahami kisah-kisah para Nabi dan Rasul serta mampu menghafal Nama 25 Nabi. Dari segi afektif santri memperhatikan Ustadz/ Ustadzah ketika pembelajaran berlangsung, santri berani bertanya ketika ada materi yang belum jelas. Dari segi psikomotor yaitu santri mampu menyanyikan dan menghafalkan nama 25 Nabi, santri mampu meneladani kisah Nabi Adam AS yaitu dengan mentaati perintah Ustadz dan Ustadzah. (3) Faktor pendukung dalam penerapan metode BCM adalah adanya interaksi yang baik antara ustadz/ah dengan santri dan Variasi Metode Pembelajaran, dan Penguatan (Reinforcement) Sedangkan yang menjadi factor penghambat adalah kurangnya alokasi waktu, adanya santri yang hiperaktif dan santri yang pasif (Terlalu diam). date: 2012-01-16 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55487/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55487/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf identifier: Mursyidah, NIM.: 08410057 (2012) PENERAPAN METODE BERMAIN, CERITA DAN MENYANYI (BCM) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH ISLAM DI TPA MASJID SAFINATURRAHMAH SAPEN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.