%0 Thesis %9 Skripsi %A Muslimatun Hasanah, NIM.: 08410188 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2012 %F digilib:55489 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pendidikan Akhlak, Novel "Rumah tanpa Jendela", Pemikiran Asma Nadia %P 114 %T NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL “RUMAH TANPA JENDELA” KARYA ASMA NADIA DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55489/ %X Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Rumah tanpa Jendela karya Asma Nadia dan Relevansinya terhadap Pendidikan Agama Isam. Skripsi Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pesan-pesan agama yaitu nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam novel Rumah tanpa Jendela karya Asma Nadia dan mengungkap relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel tersebut dengan pendidikan agama Islam. Dalam penelitian ini penulis memilih novel Rumah tanpa Jendela karena diasumsikan mempunyai pesan nilai-nilai pendidikan akhlak di dalamnya. Fokus penelitian ini ingin mengungkap nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Rumah tanpa Jendela karya Asma Nadia dan relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini di harapkan dapat menyempumakan media PAI dan dapat memberikan kontribusi terhadap kemajuan dalam bidang pendidikan terutama pendidikan akhlak serta memberikan manfaat dalam upaya memaksimalkan pendidikan 4gama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) pendekatan yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah pendekatan pragmatik. Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode analisis isi (Content Analisys). Dalam hal ini penulis akan menganalisis tentang nilai-nilai pendidikan akhlak yang ada dalam novel Rumah tanpa Jendela karya Asma Nadia, kemudian mengungkap relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pesan pendidikan akhlak dalam novel ini yaitu: l) Pendidikan akhlak kepada Allah meliputi pendidikan akhlak dengan beribadah kepada Allah, berdoa atau memohon hanya kepada Allah dan berserah diri kepada Allah. 2) Pendidikan akhlak kepada sesama manusia yaitu pendidikan akhlak kepada kedua orang tuadan pendidikan akhlak kepada teman. 3) Pendidikan akhlak kepada ilingkungan. Adapun relevansi dari pendidikan akhlak dalam novel Rumah tanpa Jendela dengan Pendidikan Agama Islam yaitu keduanya s&ma-sama mengajak kepada kebaikan memelihara hubungannya dengan Allah, dirinya sendiri, masyarakat dan alam sekitarnya dan Pendidikan Agama dimaksudkan untuk meningkatkan potensi spiritual dan membentuk peserta didik agar penjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia. %Z Pembimbing: Dr. Sangkot Sirait, M. Ag