eprintid: 55501 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/55/01 datestamp: 2023-01-05 02:56:41 lastmod: 2023-01-05 02:56:41 status_changed: 2023-01-05 02:56:41 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Niko Raharjo, NIM.: 07480006 title: PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA PADA MATERI MENGENAL RANGKA MANUSIA SISWA KELAS IV MIN YOGYAKARTA II TAHUN 2011/2012 ispublished: pub subjects: med_pemb subjects: mot_ivasi subjects: science divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Motivasi Belajar, Animasi, Media Pembelajaran note: Pembimbing: Dra. Siti Fatonah, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi terhadap motivasi dan prestasi belajar IPA siswa kelas IV MIN Yogyakarta II tahun 2011/2012 pada materi mengenal rangka manusia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi-Eksperimental), dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas IV MIN II Yogyakarta yang terdiri dari dua kelas. Sampel diambil secara purposive sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas IVB (sebagai kelas eksperimen) dan kelas IVA (sebagai kelas kontrol). Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui tes dan pengisian lembar angket motivasi belajar IPA siswa. Analisis data untuk motivasi belajar IPA menggunakan analisis deskriptif dan analisis prestasi belajar siswa menggunakan uji t. Uji analisis deskriptif terhadap motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa media animasi berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil uji analisis deskriptif yang menunjukkan bahwa persentase motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan media animasi lebih tinggi dari persentase motivasi belajar siswa pada kelas kontrol yang menggunakan metode belajar konvensional (ceramah dan tanya-jawab). Hasil uji t terhadap nilai post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol, menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara nilai prestasi belajar siswa pada kelompok eksperimen dengan nilai prestasi belajar siswa pada kelompok kontrol, hal ini terlihat dari hasil uji t yang menunjukkan harga F0=17,152 pada p=0,000. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa media animasi dalam pembelajaran IPA berpengaruh positif terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas IV di MIN Yogyakarta II. date: 2012-01-18 date_type: published pages: 159 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Niko Raharjo, NIM.: 07480006 (2012) PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA PADA MATERI MENGENAL RANGKA MANUSIA SISWA KELAS IV MIN YOGYAKARTA II TAHUN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55501/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55501/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf