eprintid: 55503 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/55/03 datestamp: 2023-01-05 03:03:08 lastmod: 2023-01-05 03:03:08 status_changed: 2023-01-05 03:03:08 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Nur Elok Kadarwati, NIM.: 09481068 title: METODE PELAJARAN TEMAN SEBAYA (PEER LESOON) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI AL IMAN TAMBAKREJO TEMPEL ispublished: pub subjects: S subjects: met_pemb divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Hasil Belajar, Peer Lesson, Sejarah Kebudayaan Islam note: Pembimbing: Drs. Rofik, .MAg abstract: Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran SKI pada Kelas VI di MI Al Iman Tambakrejo Tempel, Sleman, Yogyakarta, ini metode ceramah masih mendominasi seluruh pelajaran SKI disamping itu siswa cenderung melakukan aktifitas yang lebih menarik perhatiannya sehingga siswa kurang berkonsentrasi mengikuti pelajaran dan kurang memperhatikan penjelasan guru karena menganggap mata pelajaran SKI itu sulit, sehingga berakibat rendahnya hasil belajar siswa untuk pelajaran SKI. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode pengajaran teman sebaya (peer lesson) sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa, penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode pengajaran teman sebaya (peer lesson) sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa kelas VI pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam setelah strategi tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MI Al Iman Tambakrejo, Tempel, Sleman, Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dokumentasi dan angket untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data-data, sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) Observasi dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan : metode peer lesson efektif digunakan pada pembelajaran SKI khususnya siswa kelas VI MI Al Iman Tambakrejo, Tempel, Sleman. Hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan hasil belajar siswa, pada aspek hasil belajar siswa kelas VI dari siklus I ke siklus II cukup baik. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 74 dengan kategori baik sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 97 dengan kategori sangat baik, berdasarkan dari hasil penelitian maka aspek hasil belajar mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. date: 2011-12-08 date_type: published pages: 145 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nur Elok Kadarwati, NIM.: 09481068 (2011) METODE PELAJARAN TEMAN SEBAYA (PEER LESOON) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI AL IMAN TAMBAKREJO TEMPEL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55503/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55503/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf