%A NIM.: 09481126 Musrifah %O Pembimbing: Dra. Nur Rohmah, M.Ag. %T UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI SISWA KELAS DUA PADA MATERI SHOLAT FARDHU DENGAN METODE DEMONSTRASI DAN DRILL DI MI TRIMAJA DANUREJO MERTOYUDAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2011/2012 %X Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran Fiqih di kelas II MI Trimaja Danurejo Mertoyudan Magelang masih kurang efektif, dimana guru belum bervariasi dalam memilih dan menggunakan metode dalam pembelajaran. Sehingga siswa menjadi bosan, tidak mau memperhatikan dan menganggap Fiqih sebagai pelajaran yang sulit dan tidak menarik. Selain itu nilai ketuntasan minimal yang harus dilampaui oleh siswa lebih tinggi dibanding pelajaran-pelajaran yang lain, yaitu 65. Maka dari itu Penulis merasa perlu untuk mengadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran sehingga dapat meningkatkan prestasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode demonstrasi dan drill. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi dan drill pada pembelajaran Fiqih dalam meningkatkan prestasi siswa kelas dua. Subyek pada penelitian ini adalah semua siswa kelas dua yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MI Trimaja Danurejo Mertoyudan Magelang pada tanggal 12 sampai 19 September 2011. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini penulis menggunakan berbagai teknik pengumpulan data, diantaranya dokumentasi, tes, observasi, dan angket. Untuk menguji hipotesa, penulis menggunakan analisa data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini berdasarkan pengumpulan data menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dengan cara membandingkan prestasi siswa kelas dua pada tahun ajaran 2010/2011, sebelum diterapkan metode demonstrasi dan drill, dengan prestasi siswa kelas dua pada tahun ajaran 2011/2012. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa pada tahun ajaran 2010/2011 adalah 61,03, siswa yang tuntas belajar berjumlah 17 siswa (47%). Sedangkan nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa pada tahun ajaran 2011/2012 adalah 67,86, siswa yang tuntas belajar sebanyak 22 siswa (78%). Dengan demikian penerapan metode demonstrasi dan drill dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas dua pada materi shalat fardhu. %K Pembelajaran Fiqih, Metode Pembelajaran, Demonstrasi-Drill %D 2011 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib55505