TY - JOUR ID - digilib55511 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55511/ IS - 2 A1 - Faiq Ilham Rosyadi, - A1 - Usman, - N2 - Kemampuan memahami konsep dasar kurikulum pendidikan Islam adalah prasyarat bagi guru sebelum ia memulai kegiatan pendidikan. Artikel ini bertujuan untuk menelaah konsep dasar kurikulum pendidikan Islam melalui kajian teoritis filosofis. Penelitian ini berjenis penelitian pustaka yang dilakukan melalui pengumpulan data literatur yang sesuai dengan fokus kajian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model analisis interaktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum pendidikan Islam merupakan sebuah rancangan belajar yang disusun secara sistematis, integratif, komprehensif dan berpondasi pada nilai dan ajaran agama Islam. Karakteristik yang tercerminkan dari kurikulum tersebut mengutamakan tujuan Islam, berorientasi tauhidik, memenuhi kebutuhan peserta didik dalam berbagai aspek, menyediakan materi pengetahuan yang realistis, dan menghindarkan dari pemikiran peserta didik yang dikotomis. Dalam proses penyusunannya harus berprinsip pada tujuh prinsip pokok diantaranya: integral, universal, keseimbangan keterkaitan, fleksibilitas, individualisasi dan sinkronisasi. Selanjutnya, dalam perjalanannya kurikulum pendidikan Islam harus berorientasi pada pelestarian nilai, peserta didik, sosial demand, penciptaan tenaga kerja dan penciptaan lapangan pekerjaan. VL - 1 TI - Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan Islam Kajian Teoritis Filosofis AV - public EP - 13 Y1 - 2021/12// PB - Forum Komunikasi Mahasiswa Pascasarjana (FKMPs) The Faculty of Tarbiyah and Education State Islamic University (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia JF - Heutagogia : Journal of Islamic Education KW - Kurikulum KW - Pendidikan Islam KW - Kajian Teoritis SN - ISSN (P) : 2809-7769 ISSN (E) : 2798-357 SP - 1 ER -