relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55519/ title: PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUL MUBTADIIN TEMPUREJO TEMPURAN MAGELANG MELALUI METODE RESITASI TAHUN PELAJARAN 2011/2012 creator: Nur Hidayati, NIM.: 09481104 subject: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam subject: Metode Pembelajaran description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sebelum penerapan metode resitasi dan sejauh mana model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar khususnya mata pelajaran SKI pada siswa kelas VI MI Hidayatul Mubtadiin Banjarsari Tempurejo Tempuran Magelang Tahun Ajaran 2011/2012. Desain penelitian ini adalah tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas VI MI Hidayatul Mubtadiin Tempurejo Tempuran Magelang tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 26 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan observasi, wawancara, tes tertulis individual pada akhir mata pelajaran dan melihat dokumentasi nilai mata pelajaran SKI sebelum penggunaan metode resitasi. Data yang diperoleh dari dokumentasi nilai mata pelajaran SKI sebelum penerapan metode resitasi, dan nilai rata-rata tes tertulis akhir pembelajaran tiaptiap siklus dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) Pelaksanaan. (3) observasi, (4) refleksi Hasil penelitian menunjukkan metode resitasi efektif digunakan pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam khususnya siswa kelas VI di MI Hidayatul Mubtadiin Tempurejo, kecamatan Tempuran kabupaten Magelang. setelah dilaksananakan tindakan terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Peningkatan hasil belajar dapat kita lihat dan kita bandingkan pada hasil observasi pra tindakan menunjukkan hanya 26,9 % dari jumlah siswa yang telah memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu siswa dikatakan berhasil (mencapai ketuntasan belajar) jika telah mencapai 60% atau dengan nilai 60. Kemudian pada siklus I hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 38,4%, dari data pra tindakan 26,9% dari jumlah siswa yang telah memenuhi Standar Kriteria ketuntasan Minimal mengalami kenaikan menjadi 65,3% telah memenuhi KKM. Setelah diadakan observasi, refleksi dan perbaikan-perbaikan siklus I hasil belajar siklus II meningkat sebesar 34,7% sehingga secara keseluruhan setalah tindakan siklus I dan siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 73,1%. Sehingga pada siklus II 100% dari jumlah siswa telah berhasil memenuhi standart Kriteria Ketuntasan Minimal yang tekah ditentukan. date: 2011-12-08 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55519/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55519/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf identifier: Nur Hidayati, NIM.: 09481104 (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUL MUBTADIIN TEMPUREJO TEMPURAN MAGELANG MELALUI METODE RESITASI TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.