relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55521/ title: KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS Y.B. MANGUNWIJAYA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM creator: Nur Mauludi Achmad Sunaryo, NIM.: 07410318 subject: Islam dan Pemikiran subject: ISLAM DAN PENDIDIKAN description: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan atas penyelenggaraan pendidikan yang jauh dari harapan. Lembaga Pendidikan yang seharusnya menjadi tempat anak bangsa untuk mengembangkan bakat dan minat para peserta didiknya, serta menjadikan mereka dewasa, namun yang terjadi adalah sebaliknya. Proses pendidikan yang dijalankan tidak lagi membebaskan peserta didiknya. Pemberian program over dosis yang begitu kental dengan proses pembelajaran di sekolah. Di samping itu, sekolah telah menjadi tempat penumbuhan jiwa-jiwa preman. Dewasa ini tidak sedikit ditemukannya guru yang melakukan tindak kekerasan; menampar, memukul, bahkan mencabuli anak didiknya. Sehingga yang terjadi adalah pendidikan tidak lagi memanusiakan manusia, melainkan sudah menjadi lembaga yang menjauhkan para peserta didiknya dari realitas kehidupan. Dengan kondisi seperti ini, pendidikan seharusnya menempatkan kembali sebagai sebuah proses yang humanis. Sebagaimana dikatakan oleh Mangunwijaya, lembaga pendidikan harus terbuka dan menjadi peristiwa perjumpaan antarpribadi yang saling mengasihi dan sebagai ajang untuk menjalin kemitraan, bukan penjinakan terhadap mereka, dengan adanya interaksi yang baik maka akan menumbuhkan rasa persaudaraan yang menggembirakan. Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini dapat dirumuskan menjadi 2 (dua), yaitu: (1) Bagaimana konsep pendidikan humanis menurut Y.B. Mangunwijaya, (2) Bagaimana relevansi konsep pendidikan humnais Mangunwijay dengan pendidikan Islam? Penilitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang konsep pendidikan humanis yang dipaparkan oleh Y.B. Mangunwijaya dan relevansinya dengan pendidikan Islam. Penelitian ini dilihat dari jenisnya merupakan penelitian kepustakaan (library research). Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan historis-filosofis. Pendekatan ini dianggap relevan karena objek kajian dalam penelitian ini merupakan pemikiran tokoh, yang membutuhkan pendekatan historis untuk mengkaji biografi dan peran sang tokoh. Sedangkan pendekatan filosofis digunakan untuk mengurai persoalan-persoalan yang mendasar dari pemikiran yang digagas oleh sang tokoh. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Konsep pendidikan humanis Y.B. Mangunwijaya adalah pendidikan yang berbasis pada kemanusiaan dan pemerataan pendidikan. (2) Konsep yang ditawarkan Y.B. Mangunwijaya tentang pendidikan humanis masih relevan dengan pendidikan Islam, sebab kedua konsep pendidikannya sama-sama menempatan manusia pada posisi yang istimewa dan tinggi. date: 2012-01-31 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55521/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55521/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf identifier: Nur Mauludi Achmad Sunaryo, NIM.: 07410318 (2012) KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS Y.B. MANGUNWIJAYA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.