eprintid: 55522 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/55/22 datestamp: 2023-01-11 04:08:16 lastmod: 2023-01-11 04:08:16 status_changed: 2023-01-11 04:08:16 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Nur Rochim, NIM.: 07470053 title: NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU TERJEMAH NASHAIHUL IBAD MENJADI SANTUN DAN BIJAK KARYA SYEH NAWAWI SERTA RELEVANSINYA TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL ispublished: pub subjects: isl_pend subjects: kar_ divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Islam, Buku Nashaihul Ibad, Pendidikan Karakter note: Pembimbing: Dr. H. Juwariyah, M. Ag abstract: Penelitian ini berangkat dari sebuah realita adanya ketidakseimbangan pendidikan yang lebih mengedepankan intelektual dibanding dengan moral sehingga mengakibatkan degradasi moral pada pembentukan kepribadian peserta didik. Salah satu contoh yang sering terjadi sekarang ini adalah tawuran antar pelajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara kritis tentang nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku terjemah Nashaihul Ibad Menjadi Santun dan Bijak serta relevansinya terhadap tujuan pendidikan nasional. Penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi, yang berupa masukan dan kritikan bagi pendidik, peserta didik dan pihak-pihak yang berperan dalam proses pendidikan bahwa keseimbangan pendidikan spiritual dan intelentual diperlukan dalam pendidikan Islam. Jenis penyusunan pada skripsi ini termasuk penelitian kepustakaan (library research), pendekatannya yang digunakan adalah hermeneutic (manafsirkan), pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan analisis isi. Dalam hal ini peneliti mengungkapkan tentang nilai-nilai pendidikan dalam buku terjemah Nashaihul Ibad Menjadi Santun dan Bijak kemudian menafsirkan relevansinya dengan tujuan pendidikan nasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam buku terjemah Nashaihul Ibad Menjadi Santun dan Bijak memuat: (1) Nilai-nilai pendidikan keimanan yang meliputi ajaran keimanan kepada Allah, malaikat, dan hari akhir. (2) Nilai-nilai pendidikan ibadah yaitu shalat, puasa, membaca Al-Qur’an. (3) Nilai-nilai pendidikan akhlak yaitu, akhlak kepada Allah, terhadap diri sendiri, akhlak terhadap sesama. (4) Terdapat relevansi antara nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku terjemah Nashaihul Ibad Menjadi Santun dan Bijak dengan tujuan pendidikan nasional yaitu sama-sama dalam katagori pendidikan spiritual, meliputi; keimanan, ketakwaan dan berakhlak mulia. Pendidikan intelektual meliputi; optimis, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis, serta bertanggung jawab. date: 2012-03-08 date_type: published pages: 136 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nur Rochim, NIM.: 07470053 (2012) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU TERJEMAH NASHAIHUL IBAD MENJADI SANTUN DAN BIJAK KARYA SYEH NAWAWI SERTA RELEVANSINYA TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55522/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55522/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf