eprintid: 55524 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/55/24 datestamp: 2023-01-11 04:16:54 lastmod: 2023-01-11 04:16:54 status_changed: 2023-01-11 04:16:54 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Nurhadi Muhni, NIM.: 06410129 title: KONSEP INSAN KAMIL MUHAMMAD IQBAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM ispublished: pub subjects: isl_pemik subjects: isl_pend divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Konsep Insan Kamil, Pemikiran Muhammad Iqbal, Pendidikan Islam note: Pembimbing: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa relevansi dan implikasi konsep Insan Kamil Muhammad Iqbal dalam pendidikan Islam. Manusia dan pendidikan adalah penentu dan penggerak dari sejarah, oleh karena itu pada masa kejayaan Islam, sistem pendidikan Islam telah melahirkan manusia-manusia berkualitas yang berilmu luas, berakhlak mulia, dan beriman sempurna. Sistem pendidikan yang humanis dan kreatif tersebut mampu membentuk sstu peradaban Islam yang cemerlang yang menentukan gerak perkembangan peradaban dunia. Tetapi, sekarang peradaban agung tersebut akhirnya memudar dan tergilas oleh peradaban barat yang berintikan pada rasionalisme-materialistik. Masyarakat Islam sudah kehilangan identitas baik secara politik, sosial, ekonomi, bahkan pendidikan Islam sebagai pencetak manusia Kaffah mengalami stagnasi dan kehilangan ruhnya. Maka tidak bisa dipungkiri kalau sekarang ini masyarakat muslim diidentikkan dengan kekerasan, keterbelakang, kemiskinan, kebodohan, dan stigma-stigma negatif lainnya. Berangkat dari kondisi inilah, penelitian ini dilakukan sebagai usaha untuk merumuskan kembali bagaimana masyarakat muslim mendefinisikan akan kemanusiaannya dan bagaimana pendidikan Islam dapat mencetak kembali manusia-manusia sempurna. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka, yaitu kajian literatur melalui riset kepustakaan dengan menggunakan data kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan historis-filosofis dengan menggunakan metode deskriptif-analitik. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui metode dokumentasi, dan data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis sehingga dapat ditarik makna dan kesimpulan yang diinginkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep Insan Kamil Muhammad Iqbal mempunyai relevansi dengan tujuan pendidikan Islam yakni untuk membentuk manusia yang sempurna berdasarkan pada pengembangan individualitasnya yang sudah membawa potensi atau fitrah sejak kelahirannya. Dalam upaya untuk membentuk manusia sempurna tersebut, pendidikan Islam harus berorientasi pada: (1) penguatan keimanan sebagai pondasi dalam pengembangan individu; (2) mengembangkan daya dan kekuatan nalar atau pikiran sebagai alat untuk mengembangkan pengetahuan; (3) dengan keimanan dan pengatahuan sebagai kekuatan untuk dapat menyerap sifat-sifat ketuhanan guna mencapai derajat Insan kamil, dan itu merupakan tujuan hakiki dari pendidikan Islam. date: 2012-03-07 date_type: published pages: 120 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nurhadi Muhni, NIM.: 06410129 (2012) KONSEP INSAN KAMIL MUHAMMAD IQBAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55524/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55524/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf