@phdthesis{digilib55527, month = {January}, title = {NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MUJAHADAH DZIKRUL GHOFILIN DI KALIRASE TRIMULYO SLEMAN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 08410136 Nursari}, year = {2012}, note = {Pembimbing: Dr. Sabarudin, M. Si}, keywords = {Pendidikan Islam, Mujahadah Dzikrul Ghofilin, Nilai Pendidikan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55527/}, abstract = {Latar balakang masalah penelitian ini adalah Agama Islam mewajibkan kepada umatnya untuk melaksanakan pendidikan, karena menurut agama Islam pendidikan meruapakan kebutuhan hidup manusia yang harus dipenuhi. Pendidikan tidak hanya didapat dari bangku sekolah saja, melainkan bisa didapat melalui pengajian dan mujahadah serta interaksi dengan masyarakat. Di dalam pendidikan tersebut terdapat nilai-nilai yang bisa digunakan utuk menjadikan manusia lebih mulia.Masyarakat Kalirase masih banyak yang belum paham tentang nilai-nilai pendidikan, maka dari itu diadakannya Mujahadah Dzikrul Ghofilin sebagai tempat untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang nilai-nilai pendidikan Islam dalam Mujahadah Dzikrul Ghofilin di Kalirase Trimulyo Sleman. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apa yang melatarbelakangi berdirinya jama?ah Mujahadah Dzikrul Ghofilin di Kalirase Trimulyo Sleman, Nilai-nilai pendidikan Islam apa saja yang terdapat dalam Mujahadah Dzikrul Ghofilin di Kalirase Trimulyo Sleman, dan Mengapa masyarakat Kalirase Trimulyo Sleman tertarik mengikuti Mujahadah Dzikrul Ghofilin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah berdirinya, nilai-nilai pendidikan islam, dan ketertarikan masyarakat dalam mengikuti mujahadah dzikrul ghofilin di Kalirase Trimulyo Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif , dengan mengambil latar balakang dusun Kalirase Trimulyo Sleman. Pengumpulan data digunakan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menujukkan (1) berawal dari Masuknya mujahadah Dzikrul Ghofilin di Kalirase Trimulyo Sleman ini diawali dengan dibentuknya remaja mushala yang pada waktu itu bernama IRMASE. Salah satu program kerja dari IRMASE yaitu adanya mujahadah bagi masyarakat setempat. (2) Nilai-nilai pendidikan Islam meliputi nilai keimanan, ketakwaan, penghargaan dan penghormatan, rendah hati, cinta kasih, dan toleransi (3) ketertarikan masyarakat untum mengikuti mujahadah karena menjadikan ingat kepada Allah, ingat kepada Rasul dan waliyullah, menambah ilmu agama, pendapat pahala dan mempererat tali persaudaraan.} }