eprintid: 55538 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/55/38 datestamp: 2023-01-11 08:12:49 lastmod: 2023-01-11 08:12:49 status_changed: 2023-01-11 08:12:49 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Parjiyanto, NIM.: 09411128 title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI MATERI IBADAH PUASA SISWA KELAS V SD NEGERI WADAS KECAMATAN GIRIMULYO ispublished: pub subjects: P subjects: met_pemb divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran PAI, Metode Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar Siswa note: Pembimbing: Dr. Sukiman, S.Ag.M.Pd abstract: Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran PAI pada kelas V di SD N Wadas, Giripurwo, kecamatan Girimulyo, masih berjalan kurang efektif dan belum produktif. Metode pembelajaran yang digunakan masih konvensional dan berpusat pada guru. Akibat dari hal tersebut, siswa cenderung pasif sehingga pada akhirnya hasil belajar yang diperoleh belum mencapai kriteria ketuntasan minimum yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD N Wadas dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Jigsaw dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Me Taggart pada tahun 1988. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, metode angket, metode tes atau lembar evaluasi. Data-data yang dikumpulkan berupa data keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, lembar angket keaktifan dan lembar soal pre-test dan post-test untuk data peningkatan hasil belajar siswa. Analisis data untuk keaktifan belajar siswa menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Sedangkan untuk data hasil belajar siswa dianalisis secara diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Wadas dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Peningkatan keaktifan peserta didik dilihat dari hasil angket dan observasi sebelum tindakan sebesar 38,39 % dengan kategori kurang. Pada siklus I keaktifan peserta didik meningkat menjadi 68,00% dengan kategori cukup baik. Pada siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 85.59%, dengan kategori baik. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus adalah sebesar 56,00. Siswa yang mencapai ketuntasan belajar baru 2 anak atau 20%. Pada siklus I rata-rata kelas naik menjadi 75,00. Siswa yang mencapai kriteria tuntas naik menjadi 8 anak atau 80%. Persentase peningkatan hasil belajar siklus I adalah sebesar 35,37%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 90.00. Siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa (100%), siswa yang tidak tuntas sebanyak 0 siswa (0%) dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 70. Persentase peningkatan hasil belajar siklus II adalah sebesar 20%. Dengan demikian keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD N Wadas mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. date: 2011-12-11 date_type: published pages: 164 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Parjiyanto, NIM.: 09411128 (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI MATERI IBADAH PUASA SISWA KELAS V SD NEGERI WADAS KECAMATAN GIRIMULYO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55538/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55538/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf