@phdthesis{digilib5554, month = {February}, title = {PERILAKU SISWA DALAM PEMANFAATAN KOLEKSI BUKU TEKS PELAJARAN PADA PERPUSTAKAAN DI SMK N 1N SEYEGAN DIY}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = { NIM. 07140120 SYARIEF HIDAYAT MAULANA }, year = {2011}, note = {Pembimbing: Dra. Sri Rohyanti Zulaikha., SIP., M.Si.}, keywords = {Perilaku, Pemanfaatan, Koleksi Perpustakaan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5554/}, abstract = { ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Perilaku Siswa Dalam Pemanfaatan Koleksi Buku Teks Pelajaran Pada Perpustakaan Di SMK N 1 Seyegan D.I.Y. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket sebagai metode utama dan wawacara sebagai metode pendukung. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa SMK N 1 Seyegan D.I.Y pada bulan Maret tahun 2010. Sampel yang diambil sebanyak 92 responden dengan menggunakan teknik Random Sampling. Berdasarkan Analisis Deskriptif Kuantitatif, hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan sebagai berikut : Hasil skor kriteria penilaian berdasarkan nilai rata-rata secara keseluruhan didapat hasil 2.89 sehingga dapat dikategorikan bahwa perilaku siswa dalam pemanfaatan koleksi buku teks pelajaran pada perpustakaan di SMK Negeri 1 Seyegan tergolong baik. Dari 2 subvariabel yang dipertimbangkan yaitu : Perilaku Siswa dan Pemanfaatan Koleksi Buku Teks Pelajaran, dijabarkan menjadi 7 indikator, yaitu : Pengetahuan Pemakai, Keterampilan pemakai dalam penelusuran informasi , Motivasi, Sikap pemakai dalam menelusur informasi, Frekuensi Pemanfaatan, Penggunaan Buku Teks Pelajaran dan Kesesuaian Koleksi. Dari indikator yang menjadi penilaian perilaku pemanfaatan koleksi buku teks pelajaran di perpustakaan di SMK N 1 Seyegan, peringkat indikator tertinggi adalah motivasi dengan nilai rata-rata 3.54 dan indikator perilaku terendah adalah frekuensi pemanfaatan dengan nilai rata-rata 2.37. div } }