eprintid: 55549 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/55/49 datestamp: 2023-01-12 07:08:35 lastmod: 2023-01-12 07:08:35 status_changed: 2023-01-12 07:08:35 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Ratih Agustina, NIM.: 07410190 title: UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTs MUHAMMADIYAH GEDONGTENGEN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: etika subjects: mot_ivasi divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Motivasi Belajar, Aqidah Akhlak, Guru note: Pembimbing: Drs. Usman, SS.,M.Ag. abstract: Latar belakang penelitian ini adalah bahwasanya motivasi merupakan salah satu faktor internal yang turut mempengaruhi keberhasilan siswa, dengan adanya motivasi maka di dalam dirinya akan timbul kegiatan belajar, menjamin kelangsungan belajar, dan dapat memberikan arah pada kegiatan belajar tersebut. Dalam kenyataanya, siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Gedongtengen Yogyakarta kurang termotivasi khususnya pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian terkait upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Gedongtengen Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar Aqidah Akhlak, serta hasil yang dicapai oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar Aqidah Akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil tempat di MTs Muhammadiyah Gedongtengen Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data yaitu: membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, membandingkan hasil wawancara dengan isi dokumen. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar Aqidah Akhlak baru sebatas: memberikan motivasi, menggunakan sumber belajar, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, pemberian skor dan evaluasi. (2) Hasil yang telah dicapai oleh guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar Aqidah Akhlak belum maksimal, hal tersebut penulis ketahui berdasarkan hasil wawancara dan observasi dengan deskripsi sebagai berikut: (a). Sebagian besar siswa tidak memperhatikan guru, (b). Suasana kelas tidak kondusif sampai akhir pembelajaran, (c). Sebagian siswa keluar masuk kelas, (d). Antusiasme bertanya masih rendah, (e). Tidak seratus persen siswa mengerjakan PR atau tugas rumah. date: 2012-02-29 date_type: published pages: 126 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ratih Agustina, NIM.: 07410190 (2012) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTs MUHAMMADIYAH GEDONGTENGEN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55549/1/BBRT44~A.PDF document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55549/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf