TY - THES N1 - Pembimbing: H. Tulus Musthofa, LC.M.A ID - digilib55552 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55552/ A1 - Ria Rizki Kurniawati, NIM.: 08420159 Y1 - 2012/02/21/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana system pembelajaran bahasa Arab santri luar negeri pada kelas Program Khusus (PK) I di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, dan untuk mengetahui problematika yang dihadapi guru dalam menjalankan tugasnya. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung dalam pembelajaran bahasa Arab pada umumnya, dan khususnya bagi pengajar bahasa Arab kelas Program Khusus I di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo sendiri sebagai tempat dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini merupakan sebuah analisis diskriptif kualitatif, yaitu suatu analisa deskriptif data non statistik dan hasilnya digambarkan dengan kata-kata menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah santri luar negeri kelas Program Khusus I tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 6 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaannya pembelajaran bahasa Arab santri luar negeri pada kelas Program Khusus I menerapkan metode langsung dengan tujuan pembelajaran agar siswa dapat berbicara dan menulis dengan bahasa Arab yang benar serta siswa diharapkan dapat lebih meningkatkan ketrampilannya dalam berbahasa Arab. Buku yang digunakan adalah kitab Dur?sullughah al-?Arabiyah Al-juz Al-awal karangan Imam Zarkasyi dan Imam Syubani. Adapun evaluasi pembelajarannya dilaksanakan setiap hari setelah selesai penyampaian materi (disamping tes sumatif dan formatif) dengan teknik testing verbal test dan non verbal. Problematika pembelajaran bahasa Arab yang dihadapi oleh guru kelas Program Khusus I adalah; pertama, bahan ajar yang digunakan belum memenuhi standar, terbukti dengan tidak ditemukannya Standar Kompenetnsi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) dalam buku tersebut; kedua, penggunaan media pembelajaran belum sepenuhnya optimal dan masih sangat sederhana; dan ketiga, faktor guru sebagai salah satu komponen vital dalam pembelajaran belum menempuh pendidikan profesi guna memenuhi standar kompetensi yang wajib dimiliki oleh seorang guru. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pembelajaran Bahasa Arab KW - Thullabul Wafidin KW - Sistem Pembelajaran M1 - skripsi TI - PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS PROGRAM KHUSUS I BAGI SANTRI LUAR NEGERI DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PONOROGO TAHUN AJARAN 1432-1433 H/2011-2012 M AV - restricted EP - 132 ER -