relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55553/ title: PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KORBAN BENCANA LETUSAN GUNUNG MERAPI 2010 DI SD NEGERI 1 BALERANTE KLATEN creator: Ridha Eka Nugroho, NIM.: 08410170 subject: Motivasi subject: Kyai - Ustadz - Guru description: Latar Belakang Penelitian ini adalah ketika pasca letusan Gunung Merapi 2010 menyebabkan siswa di SD Negeri 1 Balerante Klaten mengalami dampak trauma yang menyebabkan perubahan motivasi belajar siswa di SD Negeri 1 Balerante Klaten. Dalam situasi tersebut, guru dituntut memanfaatkan perannya dalam memotivasi belajar siswa agar proses pembelajaran berjalan dengan baik agar dapat menciptakan peserta didik yang aktif dan menghilangkan dampak trauma siswa korban bencana letusan Gunung Merapi 2010 di SD Negeri 1 Balerante Klaten. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang keadaan motivasi belajar siswa, peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa serta faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Negeri 1 Balerante Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di SD Negeri 1 Balerante Klaten. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan cara analisis yang cenderung menggunakan kata-kata untuk menjelaskan fenomena atau data yang didapatkan. Selain analisis deskriptif kualitatif penelitian ini juga menggunakan data kuantitatif yaitu untuk mencari prosentase motivasi belajar siswa korban bencana letusan Gunung Merapi 2010. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Motivasi belajar siswa korban bencana letusan Gunung Merapi di SD Negeri 1 Balerante Klaten meliputi 26,67% masuk kategori tinggi, 46,67% sedang, 23,33% rendah, 6,67% Sangat rendah, adapun nilai rata-rata masuk dalam kategori Sedang. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa adalah faktor internal meliputi: minat, sikap dan motivasi siswa sedangkan faktor eksternal meliputi: keluarga, lingkungan dan guru. 2) Usaha guru untuk meningkatkan motivasi belajar adalah menjelaskan tujuan belajar kepada peserta didik, menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, memberi pujian, membentuk kebiasaan belajar yang baik, memberi hadiah dan hukuman, memberi tugas, memberikan pemulihan trauma, dan membantu kesulitan belajar siswa. 3) Faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar di SD Negeri 1 Balerante Klaten adalah adanya komunikasi yang baik antara guru dengan siswa, kepedulian Instansi Pemerintah dan Lembaga Sosial Masyarakat serta guru menguasai bahan ajar. Sedangkan faktor penghambat adalah lingkungan, terbatasnya media pembelajaran dan kurang tersedia buku pelajaran. date: 2012-01-04 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55553/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55553/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf identifier: Ridha Eka Nugroho, NIM.: 08410170 (2012) PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KORBAN BENCANA LETUSAN GUNUNG MERAPI 2010 DI SD NEGERI 1 BALERANTE KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.