eprintid: 55554 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/55/54 datestamp: 2023-01-12 07:52:04 lastmod: 2023-01-12 07:52:04 status_changed: 2023-01-12 07:52:04 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Rifai Kusuma Nurudin, NIM.: 07410244 title: KONSEP ADAB GURU (STUDI KOMPARASI MENURUT IMAM GAZALI DALAM KITAB SYARA MARAQIYUL ‘UBUDIYYAH ‘ALA MATNA BIDAYATUL HIDAYAH DAN IMAM NAWAWI DALAM KITAB ATTIBYAN FI ADABI AMALATIL QURAN) ispublished: pub subjects: etika subjects: kar_ subjects: san_tri divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Adab Guru, Pemikiran Imam Gazali, Pemikiran Imam Nawawi note: Pembimbing: Drs. Mujahid, M. Ag abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tentang bagaimana konsep adab guru dalam dunia pendidikan, terutama dalam pendidikan Islam. Karakter apa saja yang harus dimiliki oleh seorang guru agar bisa menjadi seorang pendidik yang sukses dan menjadi suri tauladan bagi anak didiknya dan masyarakat sekitar. Dalam penelitian ini akan dibahas secara mendetail tentang adab yang harus dimiliki seorang guru. Penelitian ini bertujuan agar seorang guru lebih memperhatikan tabiat atau karakternya sebagai seorang educator. Dengan hasil penelitian ini diharapkan ada peningkatan dalam menumbuhkan dan menjaga akhlaqul karimah bagi seorang guru. Jenis penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian kepustakaan (Library Research), yakni sebuah penelitian dengan prosedur non matematik (kualitatif). Pengumpulan data dilakukan setelah mengadakan analisis terhadap kitab Syara� Maraqiyul ‘Ubudiyyah ‘Ala Matna Bidayatul Hidayah karya Syekh Muhammad Nawawi Aljawi dan kitab Attibyan Fi Adabi �amalatil Quran karya Imam Nawawi. Adapun pendekatan yang penulis gunakan adalah pendekatan filosofis. Setelah data dan sumber penulis dapatkan, maka untuk menganalisis data tersebut penulis menggunakan analisis interpretataif-komparatif. Setelah itu untuk mendapatkan kesimpulan, penulis menggunakan pola penalaran induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adab guru menurut Imam Gazali dalam kitab Syara� Maraqiyul ‘Ubudiyyah ‘Ala Matna Bidayatul Hidayah adalah: 1). Bertanggung jawab, 2) Sabar, 3) Berwibawa, 4) Tawa�u’, 5) Jujur dan terbuka, 6) Perhatian dan menjadi petunjuk bagi murid-muridnya, 7) Bertaqwa dan menjadi suri tauladan. Sedangkan adab guru menurut Imam Nawawi dalam kitab Attibyan Fi Adabi �amalatil Quran adalah: 1). Maksud serta tujuan mengajar dan mempelajari Alquran hanya semata-mata untuk mencari keri�aan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, 2) Mengajarkan Alquran tanpa mengharapkan imbalan, 3) Mengajar bukan untuk membanggakan diri, 4) Para pengajar harus memiliki akhlak yang terpuji, 5) Berlaku lemah lembut kepada murid, 6) Seorang guru sebagai penasihat bagi murid, 7) Tidak sombong kepada murid, 8) Sabar dalam mendidik, 9) Mengajar adalah far�u kifayah, 10) Waktu mengajar, 11) Mendahulukan yang datang lebih awal, 12) Berprasangka baik terhadap muird, 13) Memperhatikan adab-adab ketika mengajar, 14) Tidak merendahkan ilmu, 15) Ruang belajar yang luas. Adapun hasil komparasinya yaitu pertama persamaanpersamaan: 1) Niat, 2) Berakhlak mulia, 3) Ramah dan lembut terhadap murid, 4) dedikasi tinggi. Kedua perbedaan-perbedaan: 1) Latar belakang pemikiran, 2) dasar penulisan kitab, 3) Tujuan pencapaian. Relevansinya yaitu sangat sesuai untuk dijadikan salah satu wacana pendidik sebagai upaya introspeksi diri agar menjadi pendidik yang berakhlak mulia. date: 2012-01-24 date_type: published pages: 111 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Rifai Kusuma Nurudin, NIM.: 07410244 (2012) KONSEP ADAB GURU (STUDI KOMPARASI MENURUT IMAM GAZALI DALAM KITAB SYARA MARAQIYUL ‘UBUDIYYAH ‘ALA MATNA BIDAYATUL HIDAYAH DAN IMAM NAWAWI DALAM KITAB ATTIBYAN FI ADABI AMALATIL QURAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55554/1/BAB%20I%2C%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55554/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III%2C%20BAB%20IV.pdf