@phdthesis{digilib55555, month = {March}, title = {PELAKSANAAN EVALUASI BELAJAR RANAH AFEKTIF MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs NEGERI TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 08410185 Rina Elfiyani}, year = {2012}, note = {Pembimbing: Dr. Sukiman, S.Ag., M.Pd.}, keywords = {Evaluasi Hasil Belajar, Pelajaran Aqidah Akhlak, Kompetensi Guru}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55555/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan agama sebagai pendidikan yang menanamkan nilai-nilai moral spiritual atau sering disebut dengan akhlak, dalam pelaksanaannya di sekolah atau madrasah masih menunjukkan berbagai permasalahan yang kurang menyenangkan. Salah satu masalah tersebut adalah terjadinya pengabaian ranah afektif dalam proses evaluasi hasil belajar. Padahal pendidikan agama kaya akan ranah afektif yang juga harus dievaluasi agar tujuan pendidikan dapat terwujud. Sehubungan dengan itu, MTsN Tempel, madrasah yang berada di kabupaten Sleman ini memiliki banyak peserta didik yang berprestasi dan memperoleh nilai pendidikan agama yang cukup bagus. Namun demikian masih ada sejumlah peserta yang berperilaku kurang baik, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana proses dan hasil evaluasi hasil belajar ranah afektif mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN Tempel serta bagaimana kendala-kendala yang dihadapi guru saat proses evaluasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses, hasil, dan kendala-kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan proses evaluasi hasil belajar ranah afektif mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN Tempel. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan bagi para guru terutama guru agama agar lebih memperhatikan ranah afektif ketika melaksanakan evaluasi hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MTsN Tempel Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Proses evaluasi hasil belajar ranah afektif mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN Tempel menggunakan tiga teknik, yaitu pengamatan, anecdotal record, dan blangko penilaian akhlak mulia dan kepribadian. (2) Hasil evaluasi tersebut menunjukkan bahwa 95\% peserta didik disiplin dalam mengikuti pembelajaran Aqidah Akhlak, memiliki sikap dan respon yang baik terhadap pembelajaran Aqidah Akhlak, serta dapat berperilaku baik. Namun guru belum melaksanakan evaluasi hasil belajar ranah afektif berdasarkan pencapaian SK dan KD mata pelajaran Aqidah Akhlak. Sehingga hasil evaluasi hasil belajar ranah afektif pada proses pembelajaran Aqidak Akhlak berdasarkan SK dan KD tersebut tidak diketahui. (3) Kendalakendala yang dihapadi guru saat proses evaluasi tersebut antara lain: tingkat kesulitan materi, lemahnya kompetensi guru, waktu kurang maksimal, tujuan afektif lebih sulit diukur bila dibandingkan dengan ranah kognitif maupun psikomotor.} }