@phdthesis{digilib55556, month = {December}, title = {IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN IBADAH SHALAT BAGI SISWA BA AISYIYAH PROGOWATI 2 MUNGKID MAGELANG 2011/2012}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 09411034 Rindang Zuliyati}, year = {2011}, note = {Pembimbing: Drs. M.Jamroh Latief, M.Si}, keywords = {Pembelajaran Shalat, Metode Demonstrasi , Bimbingan Shalat}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55556/}, abstract = {Latar belakang masalah penlitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran materi ibadah shalat pada kelompok B, BA Aisyiyah Progowati 2 Mungkid Magelang, masih kurang efektif serta penyampaian guru dalam memberikan bimbingan shalat masih menggunakan metode ceramah sehingga gru merasa kesulitan dan siswa pun enggan mendengarkan penjelasan guru karena bosan. Maka dari itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode demonstrasi dalam materi ibadah shalat untuk dapat meningkatkan ketrampilan ibadah shalat bagi siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Demonstrasi untuk meningkatkan ketrampilan ibadah shalat bagi siswa BA Aisyiyah Progowati 2 Mungkid Magelang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengambil latar belakan BA Aisyiyah Progowati 2 Mungkid Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan, wawancara dengan orang tua siswa, dan dokumentasi, untuk melengkapi data yangingin diungkapkan. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan tehnik trianggulasi sumber, yang terdiri dari tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas B di BA Aisyiyah Progowati 2 Mungkid Magelang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketrampilan ibadah shalat bagi siswa setelah diterapkan metode demonstrasi. Hasil ketuntasan belajar pada siklus I adalah 77,78\%, kemudian pada siklus II mulai ada peningkatan yaitu 83,33\%, dan meningkat lagi menjadi 88,89\%, pada silus III. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi pada materi tentang ibadah shalat dapat meningkatkan ketrampilan ibadah salat yaitu untuk keserasian antara bacaan dengan gerakan shalat.} }