@phdthesis{digilib55559, month = {January}, title = {KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB TA?LIMUL MUTA?ALLIM THORIQOT TA?ALLUM}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 08410117 Rizki Ramadhani}, year = {2012}, note = {Pembimbing: Dr. Mahmud Arif, M.Ag.}, keywords = {Pemikiran Al-Zarnuji, Kitab Ta?limul Muta?allim Thoriqot Ta?allum, Pendidikan Karakter}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55559/}, abstract = {Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pendidikan seharusnya mampu mencetak manusia yang cerdas secara intelektual (IQ), emosional (EQ), dan spiritual (SQ). Namun kenyataannya pendidikan kita hanya mampu mencetak peserta didik yang cerdas secara intelektual saja dan mengabaikan aspek emosional dan spriritual. Hancurnya nilai-nilai moral, merebaknya ketidakadilan, tipisnya solidaritas, meningkatnya kenakalan remaja, praktik korupsi, dan berbagai kasus dekadensi moral lainnya menjadi bukti bahwa hasil pendidikan kita masih menekankan pada kecerdasan intelektual saja. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana konsep pendidikan karakter dalam kitab Ta?limul Muta?allim Thoriqot Ta?allum dan bagaimana relevansi konsep pendidikan karakter dalam kitab Ta?limul Muta?allim Thoriqot Ta?allum dalam membentuk manusia yang berkarakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan karakter dalam kitab Ta?limul Muta?allim Thoriqot Ta?allum dan relevansinya dalam membentuk manusia yang berkarakter. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan objek material penelitian adalah kepustakaan dengan sumber primer penelitian yaitu kitab Ta?limul Muta?allim Thoriqot Ta?allum. Proses pengumpulan data dilakukan melalui metode dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan metode interpretasi, yakni menunjukkan arti, mengungkapkan serta mengatakan esensi dari konsep pemikiran al-Zarnuji yang tertuang dalam kitab Ta?limul Muta?allim Thoriqot Ta?allum secara objektif. Dalam menarik sebuah kesimpulan, digunakan metode berfikir deduktif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Metode yang digunakan dalam kitab Ta?limul Muta?allim Thoriqot Ta?allum dalam membentuk pribadi yang berkarakter adalah metode bercerita, diskusi (musyawarah), dan keteladanan. Strategi yang digunakan adalah strategi latihan dengan sungguh-sungguh, pembiasaan dan pencerahan. Sarana yang digunakan yaitu buku-buku (kitab), majalah, dan syair (lagu-lagu). 2) Konsep pendidikan karakter dalam kitab Ta?limul Muta?allim Thoriqot Ta?allum sangat relevan dalam membentuk pribadi yang berkarakter yang dibutuhkan oleh bangsa Indonesia saat ini, seperti karakter pandai mensyukuri nikmat, rendah hati (tidak sombong), tekun dan sungguh-sungguh, beramal shalih, cinta damai, husnuzhan (berfikir positif), tidak tergoda pada hal-hal yang bersifat duniawi, tidak banyak bicara, bermusyawarah, penyayang (tidak hasut/dengki), sabar dan tabah, ikhlas, rasa hormat (respect/menghargai orang lain), dan kesederhanaan.} }