relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55562/ title: PENERAPAN STRATEGI CROSSWORD PUZZLE (TEKA-TEKI SILANG) DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI KELAS VIII B MTs N NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA creator: Rr. Lis Nugrahani, NIM.: 08410038 subject: Fiqih subject: Metode Pembelajaran description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) dalam Pembelajaran Fikih di Kelas VIII B MTs N Ngemplak Sleman Yogyakarta. Penelitian ini diharapkan mampu menambah khazanah keilmuan di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti, dan subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIII B MTs N Ngemplak Sleman Yogyakarta yang berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan data dengan menggunakan kalimat untuk memperoleh keterangan yang jelas dan terperinci. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tahapan penerapan strategi crossword puzzle (teka-teki silang) dalam pembelajaran Fikih di kelas VIII B MTs N Ngemplak Sleman Yogyakarta meliputi penyampaian materi, pembagian kelompok, dan team work. 2) Melalui penerapan strategi crossword puzzle (tekateki silang) dalam pembelajaran Fikih di kelas VIII B MTs N Ngemplak Sleman Yogyakarta, perhatian dan keaktifan siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat ditunjukkan dari peningkatan aspek perhatian dan keaktifan siswa yang meliputi: kedisiplinan mengikuti pelajaran pada siklus I sebesar 56,57% dan pada siklus II sebesar 83,72%. Perhatian selama proses pembelajaran pada siklus I sebesar 57,2% dan pada siklus II sebesar 85,43%. Keaktifan dalam kerja sama kelompok pada siklus I sebesar 64,3% dan pada siklus II sebesar 89,15%. Keberanian untuk bertanya pada siklus I sebesar 29,45% dan pada siklus II sebesar 68,62%. Keberanian untuk menjawab pertanyaan siklus I sebesar 37,43% dan siklus II sebesar 69,72%. Mencatat materi pelajaran pada siklus I sebesar 61,2% dan pada siklus II sebesar 88,9%. Mengerjakan tes yang diberikan guru dengan tuntas pada siklus I sebesar 66% dan pada siklus II sebesar 84,1%. Bersemangat saat pembelajaran berlangsung pada siklus I sebesar 54,57 % dan pada siklus II sebesar 85,72%. 3) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, ditunjukkan dari nilai rata-rata hasil tes pada siklus I sebesar 70,06, sedangkan pada siklus II sebesar 76,62. date: 2012-02-28 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55562/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55562/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf identifier: Rr. Lis Nugrahani, NIM.: 08410038 (2012) PENERAPAN STRATEGI CROSSWORD PUZZLE (TEKA-TEKI SILANG) DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI KELAS VIII B MTs N NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.