@phdthesis{digilib55564, month = {March}, title = {EKSPERIMENTASI METODE SOSIODRAMA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS ALMU?MIN MUHAMMADIYAH TEMBARAK TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2011-2012}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 08420049 Rukhaini Fitri Rahmawati}, year = {2012}, note = {Pembimbing: Drs. H. Ahmad Rodli, M.Si}, keywords = {Metode Sosiodrama, Pembelajaran Bahasa Arab, Kebudayaan Islam}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55564/}, abstract = {Bahasa Arab merupakan alat utama bagi peserta didik untuk bisa mempelajari ilmu-ilmu serta kebudayaan Islam. Akan tetapi, masih banyak sekali permasalahan dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya pada masalah metode dan strategi yang digunakan untuk mengajarkan empat maharah yang terdapat dalam pelajaran bahasa Arab, hal tersebut yang sangat berpengaruh terhadap hasil prestasi siswa. Permasalahan inilah yang menginspirasi penulis untuk mengadakan eksperimentasi metode sosiodrama dalam pembelajaran bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang belajar dengan metode sosiodrama dan seberapa besar peningkatan tersebut khususunya dalam pembelajaran bahasa Arab yang mempunyai beberapa maharah sebagai kompetensi dasarnya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimentasi , di mana penelitiannya adalah siswa MTs kelompok VII. Dari populasi di sekolah yang diteliti diambil dua kelompok yang homogen sebagai sampelnya, yaitu kelas VII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII B sebagai kelompok kontrol. Dengan menggunakan The Randomized Pretest- Posttest Control Group Design sebagai desain penelitiannya. Hasil penelitian yang didasarkan pada hasil analisis statistik menunjukkan bahwa uji T posttest antara kelompok kontrol dan eksperimen didapatkan nilai Sig = 0.002 {\ensuremath{<}} 0.05 (Ha diterima) yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelompok kontrol dan eksperimen. Sedangkan uji T nilai pretest dan post {$\backslash$}test kelompok eksperimen menghasilkan nilai Sig = 0.000 {\ensuremath{<}} 0.05 (Ha diterima), yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa kelompok eksperimen.} }