TY - THES N1 - Pembimbing: Munawwar Khalil, M.Ag ID - digilib55565 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55565/ A1 - Rukhayatun Niroh, NIM.: 08410016 Y1 - 2011/12/14/ N2 - Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis pesan-pesan agama yang ada dalam ayat al-Qur?an yaitu nilai-nilai pendidikan karakter dan aplikasinyanya terhadap pendidikan Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan keilmuan dalam Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research), pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan hermeunetika. Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis isi (Content Analisys). Dalam hal ini peneliti mengungkapkan tentang isi atau nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam surat al-Hujurat ayat 11-15 kemudian mengaplikasikan nilai-nilai tersebut dalam pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Terdapat nilai-nilai pendidikan karakter dalam surat al-Hujurat ayat 11- 15 (telaah tafsir al-Misbah dan al-Azhar). Nilai-nilai pendidikan karakter tersebut terbagi antara lain: Saling Menghormati bertujuan agar manusia dapat menghormati dan menghargai sesama manusia, Taubat dapat mendidik manusia untuk selalu mensucikan diri dan dengan bertaubat manusia akan selalu berbuat baik, Positif Thinking, dapat menghadirkan kebahagiaan, sukacita, kesehatan, serta kesuksesan dalam setiap situasi dan tindakan kita. Apapun pikiran yang kita harapkan, pikiran positif akan mewujudkannya. Jadi berpikir positif juga merupakan sikap mental yang mengharapkan hasil yang baik serta menguntungkan. Saling Mengenal (Ta?aruf), dapat mengajarkan kepada manusia untuk selalu menjalin hubungan dan mempunyai banyak saudara agar tercipta lingkungan yang harmonis. Persamaan Derajat, bertujuan agar manusia tidak memiliki sifat sombong, karena semua manusia itu sama dihadapan Allah, kecuali ketakwaannya. Dan Kejujuran, mendidik manusia untuk selalu jujur baik dalam perkataan, pergaulan, berjanji, kenyaataan, perbuatan dan lain-lain. 2) Adapun aplikasinya dalam pendidikan Islam, yakni saling menghormati dapat dilakukan dengan metode keteladanan, nasihat, dan kisah. Taubat dapat dilakukan dengan pembisaaan dan pemberian nasihat (ceramah). Positif thinking dapat dilakukan dengan metode keteladanan, metode nasihat dan metode pembisaaan. Pendidikan ta?aruf dapat dilakukan dengan nasihat, kisah dan pembisaaan. Persamaan Derajat dapat dilakukan dengan ceramah, nasihat, kisah dan keteladanan. Kejujuran dapat dilakukan dengan metode nasihat, pembisaaan, keteladanan dan kisah. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pendidikan Karakter KW - Surat Al-Hujurat Ayat 11-15 KW - Tafsir Al-Misbah KW - Tafsir Al-Azhar M1 - skripsi TI - NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SURAT AL-HUJURAT AYAT 11-15 (TELAAH TAFSIR AL-MISBAH DAN AL-AZHAR) AV - restricted EP - 127 ER -