TY - THES N1 - Pembimbing: Dra. Endang Sulistyaningsih, M.Si ID - digilib55568 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55568/ A1 - Zaenudin, NIM.: 09481110 Y1 - 2011/12/04/ N2 - Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pelajaran Matematika khususnya dan pelajaran-pelajaran lainya di Madrasah Ibtidaiyah Ma;arif Wonolelo, Sawangan, Magelang masih belum mencapai hasil yang memuaskan. Hal itu disebabkan salah satunya karena guru dalam menyampaikan pembelajaran lebih banyak mendominasi ceramahnya serta kurang memaksimalkan keaktifan siswa dalam belajar. Sehingga selama ini siswa jarang sekali yang mau mengemukakan pendapatnya. Mereka lebih banyak hanya menerima transfer ilmu dari guru. Hal tersebut berakibat siswa kurang dapat memecahkan masalah yang dihadapi dan akhirnya berakibat hasil belajar mereka kurang maksimal. Selama ini nilai Ujian Nasional pada pelajaran Matematika selalu di bawah. Melihat kenyataan seperti itu perlulah kiranya diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pendidikan dengan menerapkan metode/strategi yang dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Metode bermain garis bilangan guna peningkatan kemampuan siswa menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat kelas V setelah metode tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MI Ma?arif Wonolelo, Sawangan, Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan tes untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Hasil penelitian menunjukkan : Metode bermain garis bilangan efektif diterapkan pada penyelesaian operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas V MI Ma?arif Wonolelo. Hal itu terbukti saat pelaksanaan pembelajaran siswa merasa senang, terjadi peningkatan keaktifan, terlihat pada hasil observasi dan wawancar terhadap siswa. Disamping keaktifan siswa juga nilai matematika khususnya operasi hitung bilangan bulat mencapai nilai yang baik. Ini terlihat disetiap akhir pertemuan dilaksanakan evaluasi, nilai rata-rata kelas terendah 88 selama 4 kali eveluasi. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Metode Pembelajaran KW - Bermain Garis Bilanang KW - Pelajaran Matematika M1 - skripsi TI - PENERAPAN METODE BERMAIN GARIS BILANGAN GUNA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS V MI MA?ARIF WONOLELO KECAMATAN SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2011 AV - restricted EP - 147 ER -