%A NIM.: 09481125 Zuber Rivanto %O Pembimbing: Dr. Sabarudin, M.Si %T PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA POKOK BAHASAN PENJELAJAH DUNIA BAGI SISWA KELAS VI MI TRIMAJA DANUREJO T AHUN PELAJARAN 2011/2012 %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MI Trimaja Danurejo Mertoyudan Magelang masih di dominasi oleh guru. Guru kurang memberi dorongan atau motifasi agar anak gemar membaca. Dalam proses pembelajaran metode yang digunakan hanya ceramah dan kurang memberi tugas dan latihan kepada siswa. Selain itu, dalam proses pembelajaran guru belum menggunakan alat peraga. Untuk membantu hal tersebut, supaya pelajaran IPS tidak terkesan hanya pelajaran bercerita atau ceramah, maka untuk mengurangi kesan seperti itu salah satu jalan yaitu dengan menggunakan media pembelajaran atau alat peraga permainan uiar tangga dalam proses belajar ilmu pengetahuan sosial. Diharapkan bahwa adanya media pembelajaran permainan ular tangga siswa akan senang, terangsang, tertarik dan positif terhadap pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan cara menggunakan alat peraga ular tangga dalam belajar dan untuk meningkatkan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada pokok bahasan penjelajah dunia bagi siswa kelas VI MI Trimaja Danurejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian dilakukan di MI Trimaja Danurejo Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang pada September sampai dengan Desember 2011 dan subyek yang akan dikenai tindakan adalah siswa kelas VI sejumlah 20 dan guru mata pelajaran IPS. Pokok bahasan yang diambil adalah "Penjelajah Dunia". Sedang instrumen penelitian yang digunakan adalah metode observasi dan wawancara sebagai instrumen pendukungnya. Penelitian dilakukan dengan 3 siklus, dan masing­masing siklus dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata evaluasi siklus I sebesar 59,90, pada siklus II sebesar 65,75 dan pada siklus III sebesar 72,55. Sedangkan ketuntasan belajar perorangan pada siklus I = 60%, siklus II = 80% dan pada siklus III = 95%. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar IPS meningkat setelah diajar dengan menggunakan alat peraga ular tangga dan mencapai Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SK.BM) yang memuaskan. %K Motivasi Belajar, Pembelajaran Umu Pengetahuan Sosial, Alat Peraga Permainan %D 2011 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib55569