%0 Thesis %9 Skripsi %A Zulaicha, NIM.: 09481133 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2011 %F digilib:55570 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Hafalan Surat Pendek, Media Pembelajaran, Media P3Q ( Peraga Praktis Pembelajaran Al Quran ) %P 88 %T UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT PENDEK MELALUI MEDIA P3Q (PERAGA PRAKTIS PEMBELAJARAN AL QURAN) PADA SISWA KELAS IV MI AL IMAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2011 – 2012 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55570/ %X Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah proses pembelajaran dengan media P3Q (Peraga Praktis Pembelajaran Al Quran) lebih memberikan motivasi kepada siswa sehingga bergairah dalam belajar (2) Untuk mengetahui apakah hafalan siswa terhadap ayat-ayat Al Quran yang terdapat dalam materi Al Quran Hadits dapat meningkat setelah menggunakan media P3Q. Media P3Q adalah alat peraga dimana peserta didik dapat diajak untuk berpraktik secara bersama-sama. Dengan pembelajaran ini, perserta didik akan cepat menangkap, mencerna, dan meresapi materi. Sedangkan kemampuanhafalan ayat-ayat Al Quran yaitu upaya pengukuran kemampuan siswa dalam menghafal dengan baik dan benar yang dilihat dari segi tajwid dan makhrojnya. Hipotesis penelitian ini adalah hafalan siswa terhadap ayat-ayat yang terdapat dalam materi Al Quran Hadits dapat meningkat setelah menggunakan media P3Q Penelitian ini dilakukan di MI Al Iman Magelang, populasi penelitian adalah siswa kelas IV MI Al Iman Magelang sebanyak 19 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi untuk mendapatkan data yang tepat terhadap siswa dan test berupa soal uraian (pre test dan pos test), serta lembar pengamatan selama proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media P3Q mempunyai pengaruh positif yaitu dapat meningkatkan keaktifan siswa, motivasi siswa, perhatian siswa serta efektifitas waktu mengerjalan soal yang ditunjukkan dengan hasil observasi yang semakin meningkat pada siklus I dan siklus II. Pembelajaran dengan menggunakan P3Q pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar siswa terutama dalam kemampuan menghafal ayat-ayat Al Quran dalam mata pelajaran Al Quran Hadits yang ditandai dengan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus I (90%) dan siklus II (97%). %Z Pembimbing: Dr. Abdul Munip,M.Ag,