%0 Report %9 Project Report %A Mokh. Nazili, - %C Yogyakarta %D 2022 %F digilib:55576 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Dakwah,Keluarga. %T DAKWAH KELUARGA DALAM MEMBERIKAN PENGETAHUAN, PENGALAMAN, PENGAMALAN AGAMA ISLAM PADA ANAK-ANAK ( STUDI KASUS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN DAKWAH ANGKATAN TAHUN 2022 ). %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55576/ %X Penelitian ini di latarbelakangi oleh posisi strtegis keluarga dalam berdakwah untuk membangun karakter keagamaan pada anak. Membangun nilai-nilai religius bagi anak melalui tiga proses yaitu pengenalan dan pemahaman, pengendapan pempribadian nilai moral. Ketiga proses ini terpancar secara utuh dalam upaya orang tua menata lingkungan keluarga,lingkungan sekitar yang kondusif dan dorongan orang tua untuk menjadikan anak lebih baik lagi. Dakwah keluarga ini akan mewarnai pengetahuan, pengalaman dan pengamalan agama pada anak.. Metode penelitian mengadopsi dari ( Van Dijk,1997 : 260 ) bahwa analisa wacana kritis difokuskan pada tiga analisis, yakni analisis teks ( deskripsi ) analisis praktik wacana ( interpretasi ) dan analisis praktik sosio-kultural ( eksplanasi ). Hasil penelitian, bahwa Semua informan menulis bahawa orang tua menjadi sumber utama pengetahuan, pengalan dan praktek beragama di rumah. Pada perkembangan berikutnya anak mulai belajar agama di lingkungan rumah Pengembangan pengetahuan beragama berikutnya orang tua memasukkan anak di lembaga formal dan non formal.Dakwah keluarga dalam membangun nilai-nilai religius bagi anak melalui tiga proses yaitu pengenalan dan pemahaman, pengendapan pempribadian nilai agama.Pengetahuan beragama anak terekspresi pada respon anak terhadap persoalan yang ada disekitarnya dan perilaku itu memberikan pengalaman keagamaan .Pada aspek pengamalan beragama peran orang tua menjadi teladan bagi anak-anaknya. Ketedanan dan amal perbuatan jauh lebih efektif daripada bahasa lisan serta suruhan yang bersifat verbal. Anak-anak melihat apa yang dilakukan, bukan semata-mata mendengar apa yang diperintahkan.