%A ADE SUNANDAR - NIM. 03230038 %O #CONTRIBUTOR# %T KEBIJAKAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN NON FORMAL DI PONDOK PESANTRENHIDAYATUL MUBTADI-IEN DESA MANGGUNGANKECAMATAN TERISI KABUPATEN INDRAMAYU %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengungkap kebijakan pengembangan pendidikan non formal Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiien Desa Manggungan Kecamatan Terisi Kabupaten Indramayu. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi referensi khususnya bagi Pesantren yang penyusun teliti dan umumnya bagi pesantren-pesantren lain. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil latar Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiien Desa Manggungan Kecamatan Terisi Kabupaten Indramayu. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan documenter. Analisis data dilakukan dengan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan tringulasi yaitu dengan menggunakan sumber ganda pada metode ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan kebijakan pendidikan non formal Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiien Desa Manggungan Kecamatan Terisi Kabupaten Indramayu sangat variatif yaitu, pengembangan al-Qur'an, Pengembangan Kitab Kuning, Pengembangan Keorganisasian dan Pengembangan Jurnalistik. Adapun metode yang diberikan dalam pengembangan tersebut secara umum adalah metode ceramah, metode demonstrasi, metode Tanya jawab, metode pembiasaan, keteladanan dan nasihat. Secara umum focus kegiatan terbagi dua yaitu masyarakat dan santri. Dan hasil dari kebijakan tersebut dengan baik dilakukan oleh santri dan antuasias masyarakat. %K kebijakan pengembangan pendidikan non formal, Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiien %D 2011 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib5560