@phdthesis{digilib5566, month = {February}, title = {UPAYA PEMBIMBING DALAM MENINGKATKAN PERCAYA DIRI ANAK TUNA RUNGU DI SLB PGRI KECAMATAN MINGGIR KABUPATEN SLEMAN}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { ENI FITRIANINGSIH - NIM. 03220055}, year = {2011}, note = {Pembimbing: Muhsin Kalida, S Ag, M.A,}, keywords = {Pembimbing, Percaya diri, anak tuna rungu.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5566/}, abstract = { ABSTRAK Kehadiran penyandang tuna rungu ditengah-tengah keluarga sering kali dianggap sebagai suatu aib karena kecacatan yang dimilikinya. Keluarga tersebut menganggap sebagai malapetaka yang menimpa kehidupannya, demikian juga kehadiran mereka ditengah-tengah masyarakat selalu dipandang sebagai anak yang kurang produktif akibat kecacatan yang dimilikinya. Persepsi yang demikian itu dapat menyebabkan diskriminasi terhadap penyandang cacat dan akan mempengaruhi perkembangan jiwa serta sosialnya yang dapat melemahkan potensi penyandang cacat tersebut. Sebagai akibatnya penyandang cacat akan tetap bergantung pada anggota keluarga yang lain dan selamanya penyandang cacat akan tetap menjadi beban bagi keluarga dan masyarakat. Sekolah Luar Biasa (SLB) PGRI Minggir merupakan sebuah sekolah yang sangat peduli dan memiliki perhatian bagi penderita anak-anak cacat khususnya penderita tuna rungu yang selama ini kurang mendapat perhatian dari orang tua dan bahkan banyak diantara mereka yang tidak diakui oleh orang tuanya hanya karena mereka memiliki keterbelakangan. Semua itu menjadikan anak menjadi minder dan kurang memiliki rasa percaya diri, karena itulah peran dari orang tua dan para pembimbing di sekolah sangat dibutuhkan untuk membantu mereka menggali potensi yang dapat memacu rasa percaya diri anak-anak tersebut. Berdasarkan kenyataan yang seperti itu maka penulis merasa tertarik untuk meneliti tentang anak-anak tuna rungu khususnya tentang percaya diri. Judul dari skripsi ini adalah Peran Pembimbing Dalam Meningkatkan Percaya Diri Anak Tuna Rngu Di SLB PGRI Kecamatan Minggir. Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif di mana data yang disajikan dalam bentuk tulisan kemudian diterangkan secara apa adanya sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi menggunakan sistem tanya jawab dengan informan. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa di SLB PGRI Minggir pembimbing berperan sebagai motivator yang dilakukan secara individu dan kelompok dan pembimbing berperan sebagai fasilitator yang bertugas memfasilitasi anak-anak tuna rungu agar lebih percaya diri lagi. div } }