?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=https%3A%2F%2Fdigilib.uin-suka.ac.id%2Fid%2Feprint%2F55670%2F&rft.title=Pengembangan+Moderasi+Beragama+dalam+Pembelajaran+AIK+melalui+Strategi+Student+Centered+Learning.+(Penelitian+Tindakan+Kelas+di+SMP+Muhammadiyah+8+Surakarta).&rft.creator=Sekar+Ayu+Aryani%2C+-&rft.creator=Muhammad+Yusup%2C+-&rft.creator=Ahmad+Asroni%2C+-&rft.creator=Waston%2C+-&rft.subject=Moderasi+Beragama&rft.description=Penelitian+ini+berjudul+%E2%80%9CPengembangan+Moderasi+Beragama+dalam+Pembelajaran+Al+Islam+dan+Kemuhammadiyahan+(AIK)+melalui+Pendekatan+Student+Centered+Learning+(SCL)+(Penelitian+Tindakan+Kelas+(PTK)+di+SMP+Muhammadiyah+8+Surakarta%E2%80%9D.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+sejauhmana+pendekatan+SCL+yang+diterapkan+dalam+pembelajaran+AIK+dapat+berpengaruh+terhadap+tingkat+moderasi+beragama+Guru+dan+siswa%2F+siswi+SMP+Muhammadiyah+8+Surakarta.+Desain+Penelitian+yang+digunakan+dalam+penelitian+ini+adalah+Penelitian+Tindakan+Kelas+(PTK)+yang+dilaksanakan+dalam+dua+siklus.+Siklus+pertama+berupa+Perencanaan%2C+Tindakan%2C+Observasi%2C+dan+Refleksi.+Sementara+siklus+kedua+berupa+Pendalaman+melalui+wawancara+dan+FGD%2C+kemudian+dilakukan+analisis+akhir+dan+penyusunan+laporan.+Tahap+Perencanaan+diisi+dengan+FGD+persiapan+PTK+dan+pembuatan+Instrumen+penelitian%2C+dilanjutkan+dengan+Tindakan+berupa+Workshop+dua+hari+bagi+guru-guru+AIK+SMP+Muhammadiyah+8+Surakarta+yang+didahului+dengan+pre+tes+untuk+mengukur+tingkat+moderasi+beragama+dan+pengetahuan+tentang+strategi+pembelajaran.+Tahap+selanjutnya+adalah+tahap+Observasi+yang+dilakukan+peneliti+yang+bertujuan+melakukan+pemantauan+(Monitoring)+terhadap+pembelajaran+AIK+setelah+dilakukan+Tindakan+berupa+Workshop+SCL+melalui+pembelajaaran+aktif+(Active+Learning).+Tahap+berikutnya+adalah+Refleksi+yaitu+berupa+analisis+terhadap+berbagai+temuan+dalam+tahap+observasi+kelas+termasuk+mencoba+memahami+berbagai+kendala+atau+hambatan+dan+juga+dukungan+dalam+penerapan+SCL+melalui+pembelajaran+aktif+dalam+pembelajaran+AIK.+Setelah+siklus+pertama+selesai+dilanjutkan+dengan+siklus+kedua+yang+berupa+Pendalaman+terhadap+apa+yang+ditemukan+pada+siklus+pertama.+Pendalaman+dilakukan+dengan+menggunakan+wawancara+dan+FGD+dengan+semua+yang+terlibat+dalam+pembelajaran+baik+guru%2C+siswa%2F+siswi+juga+pimpinan+sekolah.+Sebelum+pendalaman+dilakukan+peneliti+meminta+para+guru+AIK+yang+terlibat+dalam+PTK+ini+untuk+mengisi+pos+tes.+Hasil+pendalaman+dan+juga+postes+kemudian+dilakukan+analisis+akhir+untuk+kemudian+hasilnya+disusun+menjadi+laporan.+Penelitian+ini+menghasilkan+temuan%3A+Pertama%2C+tingkat+moderasi+beragama+guru+AIK+SMP+Muh+8+Surakarta+sebelum+PTK+secara+umum+cukup+tinggi.+Meski+ada+sebagian+kecil+oknum+berdasar+pretes+potensial+memiliki+tingkat+moderasi+rendah.+Kedua%2C+proses+pembelajaran+AIK+dengan+menggunakan+pendekatan+SCL+terbukti+mampu+meningkatkan+antusiasme+siswa%2C+sehingga+dapat+meningkatkan+pembelajaran+lebih+aktif+dan+demokratis.+Pembelajaran+aktif+ini+pada+gilirannya+dapat+mengurangi+dominasi+guru+yg+potensial+dapat+membawa+pada+tindakan+indoktrinasi.+Ketiga%2C+tingkat+moderasi+beragama+guru+AIK+setelah+PTK+memperlihatkan+kecenderungan+menguat+terlebih+sebagian+guru+menjadi+sangat+percaya+diri+dengan+cara+meningkatkan+moderasi+beragama+siswa+melalui+pembelajaran+aktif.&rft.publisher=UIN+Sunan+Kalijaga+Yogyakarta&rft.date=2022&rft.type=Monograph&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.language=id&rft.identifier=https%3A%2F%2Fdigilib.uin-suka.ac.id%2Fid%2Feprint%2F55670%2F1%2FPengembangan%2520Moderasi%2520Beragama%2520dalam%2520Pe.pdf&rft.format=text&rft.language=id&rft.identifier=https%3A%2F%2Fdigilib.uin-suka.ac.id%2Fid%2Feprint%2F55670%2F2%2Fsurat-surat-pernyataan1.pdf&rft.identifier=++Sekar+Ayu+Aryani%2C+-+and+Muhammad+Yusup%2C+-+and+Ahmad+Asroni%2C+-+and+Waston%2C+-++(2022)+Pengembangan+Moderasi+Beragama+dalam+Pembelajaran+AIK+melalui+Strategi+Student+Centered+Learning.+(Penelitian+Tindakan+Kelas+di+SMP+Muhammadiyah+8+Surakarta).++Project+Report.+UIN+Sunan+Kalijaga+Yogyakarta%2C+Yogyakarta.+++++