eprintid: 55678 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/56/78 datestamp: 2023-01-25 04:31:11 lastmod: 2023-01-25 04:31:11 status_changed: 2023-01-25 04:31:11 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Muhammad Faiz Hidayatullah, NIM.: 18102010043 title: STRATEGI PUBLIC RELATION DALAM MENINGKATKAN CITRA KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PONOROGO ispublished: pub subjects: kom_sos divisions: jur_kpi full_text_status: restricted keywords: Public Relation, Citra Kementerian Agama, Humas Organisasi note: Pembimbing: Drs. Mokh. Sahlan, M.Si. abstract: Citra yang baik dalam sebuah lembaga pemerintahan akan memberikan kepercayaan dan dukungan masyarakat terhadap lembaga tersebut. Citra yang dibentuk publik berasal dari nilai-nilai yang berbentuk program-program yang dibuat lembaga dan dikomunikasikan oleh humas kepada publik. Peran humas dalam menyampaikan informasi terkait lembaga akan mempengaruhi citra lembaga. Oleh karena itu, humas membuat strategi-strategi yang dapat menarik kepercayaan masyarakat guna untuk meningkatkan citra lembaga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan hambatan public relation dalam meningkatkan citra kantor Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara dengan pihak-pihak terkait. Dan menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi public relation dalam meningkatkan citra Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo dibagi menjadi dua yaitu implementasi internal yang meliputi rapat kinerja peningkatan manajerial pelayanan publik, family gathering, kerjasama, dan penerapan core value. Dan implementasi eksternal yang meliputi pemetaan media, pemaksimalan penggunaan media sosial khususnya Youtube dengan berbagai konten kreatif, dan meningkatkan mutu pelayanan bagi masyarakat. Adapun hambatan public relation dalam meningkatkan citra kantor Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo adalah keterbatasan staff humas, sulit berkreatifitas, dan terbatasnya anggaran. Implikasi penelitian ini adalah pimpinan kantor Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo diharapkan memberikan perhatian lebih dan mendukung secara maksimal kinerja-kinerja humas baik dari segi anggaran dan lain sebagainya, humas kantor Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo diharapkan selalu meningkatkan skill dan mengikuti perkembangan zaman, memperbanyak staff di kantor Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo agar lebih efektif dalam menjalankan tugas dan melayani masyarakat dengan lebih baik. date: 2022-11-22 date_type: published pages: 112 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Muhammad Faiz Hidayatullah, NIM.: 18102010043 (2022) STRATEGI PUBLIC RELATION DALAM MENINGKATKAN CITRA KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PONOROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55678/1/18102010043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55678/2/18102010043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf